Kayu Jati Untuk Bahan Bangunan

Arsitek Indo Kontraktor – Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya kayu jati. Kayu jati merupakan kayu pilihan nomor satu untuk bahan bangunan atau pembuatan berbagai furniture. Banyak yang memilih kayu jati karena kekuatan, keawetan, dan keindahannya.

Kayu Jati mengandung seperti minyak dan endapan di dalam sel-sel kayu sehingga bisa awet digunakan outdoor meski tanpa dilapisi dengan vernis, kayu Jati akan semakin awet apabila dipakai di dalam ruangan. Kayu Jati sejak dulu sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kapal oleh para penjajah, terutama saat penjajahan Belanda. Banyak kapal-kapal VOC yang terbuat dari Kayu Jati yang melayani pelayaran antar samudra di abad ke-17.

Berikut beberapa manfaat kayu jati :

Manfaat Kayu Jati Untuk Rumah

manfaat kayu jati untuk rumah
trendir.com | manfaat kayu jati

Kayu Jati merupakan kayu yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan rumah dengan segala perabotannya. Kalau Anda mengunjungi daerah pedesaan terutama daerah utara Jawa Tengah, Anda akan menemukan banyak banyak rumah-rumah yang dibangun menggunakan kayu Jati dari pondasi, dinding, sampai atapnya.

Penggunaan kayu Jati sebagai rumah menggunakan kayu Jati dinilai lebih murah dan lebih awet. Hal ini juga mempertimbangkan kondisi tanahnya yang kering dan tidak stabil. Apabila musim hujan, tanah menjadi becek, sedangkan musim kemarau tanahnya kering dan terkadang bergeser.

Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu Jati sebagai rumah-rumah menjadi sebuah trend baru. Terbukti banyak tempat wisata dan villa yang menggunakan rumah kayu sebagai rumah peristirahatan.

Kayu Jati untuk Tiang Rumah

manfaat kayu jati untuk tiang
rumahgrobogan.wordpress.com | manfaat kayu jati

Tiang rumah memiliki peranan penting untuk berdirinya bangunan rumah kita. Selain bermanfaat menyangga rumah, tiang rumah juga bisa diberi sentuhan seni sehingga rumah Anda akan terlihat lebih indah. Dengan diberikan sedikit sentuhan seni pada tiang rumah Anda, maka akan terlihat lebih impresif, menarik dan ikonik.

Kayu Jati Untuk Dekorasi Outdoor

manfaat kayu jati untuk dekorasi outdor
nytexas.com | manfaat kayu jati

Kelebihan kayu jati yakni memiliki hue emas indah finish yang alami. Kayu ini memiliki alam perlawanan terhadap unsur-unsur cuaca. Setelah terkena hujan dan sinar matahari, kayu jati akan berubah warna menjadi silver abu-abu yang indah, sehingga dekorasi outdor dengan kayu jati akan terlihat elegan.

Kayu Jati untuk Lantai

manfaat kayu jati untuk lantai
vasileflooring.com | manfaat kayu jati

Manfaat kayu jati selanjutnya adalah sebagai lantai atau parket. Parket sendiri adalah jenis kayu yang menutupi sebagian lantai rumah, sehingga lantai rumah tidak lagi menggunakan keramik atau tegel yang keras dan licin. Penggunaan kayu sebagai lantai pastinya akan menambah estetika dekorasi rumah Anda.

Manfaat Kayu Jati untuk Gazebo

manfaat kayu jati untuk gazebo
pinimg.com | manfaat kayu jati

Rumah yang cantik nan sejuk pasti menjadi idaman setiap keluarga. banyak keluarga yang membuat taman agar rumah terlihat sejuk. Tapi kalau Anda memiliki lingkungan yang terbatas, membangun gazebo di halaman ada merupakan solusinya. Gazebo bisa menjadi aksesoris perlengkapan sekaligus pemanis dalam sebuah taman atau rumah. Anda bisa bersantai atau berkumpul dengan anak-istri untuk menambah kehangatan keluarga.

Manfaat Kayu Jati Untuk Bantalan Rel Kereta

manfaat kayu jati untuk rel kereta
christianitymalaysia.com | manfaat kayu jati

Kayu Jati yang memiliki ketahanan yang tinggi dan sifat jati yang kertas, membuat kayu ini banyak digunakan sebagai bantalan rel kereta api sejak penjajahan Belanda. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu jati sebagai bantalan rel kereta api telah digantikan dengan beton yang lebih tahan lama.

Manfaat Kayu Jati Untuk Rangka Konstruksi Jembatan

manfaat kayu jati untuk jembatan
westernwoodstructures.com | manfaat kayu jati

Sebelum banyak pembuatan jembatan dengan besi dan beton, kayu jati menjadi bahan utama untuk membuat jembatan. Bahkan beberapa jembatan yang dibuat menggunakan kayu jati 20 tahun yang lalu masih bisa digunakan sampai sekarang.

Kayu Jati untuk Tangga

manfaat kayu jati untuk tangga
bennettstaircompany.com | manfaat kayu jati

Kalau Anda memiliki rumah minimalis, kebanyakan pasti Anda menjadikan rumah Anda menjadi dua lantai dan Anda membutuhkan tangga untuk bisa naik ke lantai dua. Agar tangga Anda terlihat lebih elegan dan mewah, Anda bisa menggunakan kayu jati sebagai pelapis tangga Anda. Dibandingkan dengan tangga dari beton atau besi, sewaktu-waktu tangga Anda bisa berkarat dan melukai Anda.

Manfaat Kayu Jati untuk Mubel dan Furniture

manfaat kayu jati untuk mubel dan furniture
jeparafurniture.co.id | manfaat kayu jati

Kayu jati yang memiliki sifat mudah kuat dan mudah diukir, membuat kayu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan mubel dan furniture yang bernilai tinggi.  

Beberapa contoh muber dan furnitur yang terbuat dari kayu jati seperti : meja tamu, kursi, kusen, pintu, jendela, lemari pakaian, tempat tidur dan masih banyak lagi

Itulah beberapa manfaat dari kayu jati, Semoga Bermanfaat 🙂

 

WhatsApp chat