Kebun Sayur Mini Di Rumah

Kebun Sayur Mini Di Rumah – Untuk kamu yang hobi bercocok tanam, memiliki kebun sendiri merupakan ide yang bagus. Kamu bisa membuat kebun sayur mini sederhana di pekarangan rumah mu. Kamu bisa memilih tanaman apa yang akan kamu tanam dan konsep dekorasi kebun sayuran mu. Tertarik? Simak saja yuk inspirasi kebun sayur berikut ini.

7 Kebun Sayur Mini yang Kreatif

  1. Kebun Sayur Sederhana Sistem Hidroponik

Sistem hidroponik sendiri merupakan budidaya tanaman dengan memanfaatkan air. Pemanfaatan airnya tanpa menggunakan tanah. Sebab sistemnya lebih menekankan pada kebutuhan nutrisi yang penuh bagi tanaman, sehingga air yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan budidaya dengan tanah.

Taman kebun sayur dengan sistem hidroponik sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterbatasan air di rumah. Sayuran yang bisa tumbuh dengan sistem hidroponik ini adalah paprika, timun, tomat, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membuat taman sayuranmu di luar rumah ataupun di dalam rumah lho!

  1. Buat Terasering Sayuran

Saat kamu pergi liburan bersama keluarga ke daerah pegunungan, apakah kamu melihat hamparan sawah yang bertingkat-tingkat? Apabila pernah, berarti kamu sudah melihat bentuk dari sistem terasering.

Terasering berarti bangunan konservasi tanah dan air yang sengaja dibuat untuk memperpendek atau memperkecil kemiringan lereng. Maka itu bentuknya harus dibuat bertingkat  agar dapat mencegah longsor. Namun, untuk inspirasi taman sayuran sendiri, bentuk terasering bisa kamu gunakan sebagai elemen dekoratif. Kamu juga bisa memberikan batas pada kelompok sayurannya menggunakan pagar dari kayu atau bebatuan.

  1. Sayuran Bertingkat di Dinding

Kamu juga bisa memanfaatkan dinding sebagai area bercocok tanammu. Buatlah dengan menggunakan kayu-kayu yang sudah dibentuk seperti laci terbuka.

Bagi kamu yang menyukai eksperimen memasak, tanamlah bahan-bahan masakan yang beragam. Dalam sebulan kamu bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bumbu dapur, lho!

  1. Taman Sayuran Indoor

Inspirasi ini dibutuhkan bagi kamu yang memiliki keterbatasan lahan di rumah. Kamu bisa membawa taman kebun sayur yang sederhana di dalam rumah. Gunakan rak display bertingkat untuk meletakkan berbagai pot sayuran.

Jangan lupa kamu harus memberikan air dan pencahayaan lampu yang cukup agar proses fotosintesis pada sayur-sayuranmu lancar. Berikan pula tatakan khusus di bawah pot tanaman untuk menampung air siramanmu. Saat hendak menyiramnya, kamu cukup melakukan sekali saja.

  1. Gunakan Kawat untuk Tanaman yang Merambat

Agar tanaman sayurmu lebih rapi gunakanlah alat bantu kawat. Taman kamu makin terlihat cantik dan minimalis. Kamu bisa menanam beberapa sayuran juga buah-buahan yang memiliki daun merambat.

Seperti timun dan cabai. Sedangkan buah-buahan kamu bisa menanam anggur, labu kuning, markisa, dan masih banyak lagi.

  1. Kebun Sayur dalam Pot Besar

Bagi kamu yang ingin menanam bumbu dapur sendiri, bisa lho membuatnya dalam satu pot besar. Tanamlah beberapa tanaman yang kamu inginkan secara bersebelahan satu sama lain. Kebun sayur mini ini cukup disiram sebanyak satu kali saja.

Jangan sampai cara merawat tanaman kamu salah, ya. Agar tidak keliru saat hendak memetik dan menggunakannya, kamu bisa menggunakan papan nama kecil yang ditancapkan di dekat masing-masing tanaman.

  1. Kebun Sayur Digantung

Selanjutnya, kamu dapat membuat kebun sayur mini yang sangat sederhana dengan cara digantung. Kebun sayur gantung adalah pilihan populer untuk pemilik halaman sempit. Kamu dapat menggunakan pot, bekas kaleng susu, atau botol bekas lainnya sebagai media tanam.

Akan tetapi, ingat bahwa pot-pot ini akan menjadi berat karena tanah dan air, sehingga kamu harus pastikan mereka tergantung dengan kuat. Agar lebih cantik, kamu bisa menggantung media tanam dalam susunan yang rapi, atau menggunakan pot-pot artistik.

 

WhatsApp chat