kelebihan dan kekurangan bahan vinylKELEBIHAN DAN KEKURANGAN BAHAN VINYL

Arsitek Indo Kontraktor– Artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan bahan vinyl, Sebelum anda memilih vinyl sebagai bahan untuk lantai anda, Tidak ada salahnya kan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya dulu? yuk simak baik baik.

Kelebihan

  1. Memiliki tekstur halus

Permukaan lantai vinyl jauh lebih halus jika dibandingkan dengan permukaan lantai parket. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan pelapis berupa kain atau busa yang berada dibagian bawah lantai, sehingga lantai menjadi lebih empuk dan nyaman ketika dipijak. Lantai vinyl juga memiliki sifat yang lembut sehingga kini makin marak digunakan.

  1. Tersedia dalam ragam warna

Seperti material lantai lainnya, lantai vinyl juga tersedia dalam berbagai macam warna. Anda dapat menyesuaikan warna lantai dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah elegan. Lantai ini juga sangat cocok digunakan pada desain rumah minimalis, rumah mewah dan sebagainya. Beberapa produk lantai ini memang terkadang dirancang untuk menyerupai material lain yang sangat mirip, contohnya adalah lantai kayu dan batu alam.

  1. Tahan lama dan awet

Salah satu keunggulan lantai ini memiliki daya tahan yang lama serta awet untuk beberapa tahun penggunaan. Hal ini disebabkan oleh bahan dasarnya yang dicampurkan dengan berbagai bahan kimia. Beberapa produsen yang mengatakan bahwa lantai ini kuat digunakan hingga 20-25 tahun.

  1. Tahan terhadap berbagai kondisi cuaca

Lantai vinyl memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai kondisi cuaca. Paparan sinar matahari langsung serta curahan hujan yang intens tidak dapat menciptakan kerusakan pada lantai ini. Maka dari itu lantai ini dapat dipasang baik di dalam maupun luar rumah.

  1. Proses pemasangan mudah

Lantai vinyl memiliki proses pemasangan yang sangat mudah. Bahkan lantai ini dapat ditempelkan pada lantai keramik yang sudah lebih dulu terpasang. Hal ini bisa menciptakan nuansa baru dirumah tanpa perlu repot-repot mengeluarkan biaya pembongkaran.

  1. Perawatan yang mudah

Lantai vinyl mungkin dapat digunakan sebagai lantai yang paling mudah dirawat. Lantai ini tidak akan menyerap air dan tahan terhadap kotoran. Perawatan lantai ini pun cukup mudah, yakni hanya dengan menyapu dan mengepel secara rutin dengan alat kebersihan rumah.

Kekurangan

  1. Berbahan dasar PVC

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lantai ini terbuat dari bahan PVC, dimana PVC dapat melepaskan VOC ke udara. Akibatnya kualitas udara di dalam rumah semakin menurun dan tercemar. Hal ini sangat membahayakan, terlebih bagi orang-orang yang berada di sekitarnya. Maka dari itu, banyak produsen yang kini mulai mengurangi pemakaian PVC pada produk lantai vinylnya.

  1. Area dibawah lantai vinyl harus kering

Area yang berada di bawah lantai vinyl haruslah kering. Lantai vinyl biasanya dipasang pada permukaan semen atau juga sebagai pelapis lantai keramik. Sebelum pemasangan, kondisi lantai ini harus dipastikan terlebih dahulu, jika tidak, maka lantai tidak akan menempel dengan kuat dan akan dengan mudah terlepas.

  1. Rentan terhadap benda tajam

Karena memiliki tekstur yang sangat lembut, lantai ini cukup rentan terhadap benda-benda yang tajam. Maka dari itu jika Anda ingin mengangkat perabot atau memindahkan sesuatu, Anda harus selalu berhati-hati supaya tidak menggores permukaannya. Sebab jika sudah rusak, lantai ini tidak bisa diperbaiki namun Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bahan vinyl, Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat