Kelebihan dan Kekurangan Rumah dengan Skylight (Atap Kaca)

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Skylight adalah lubang bukaan udara yang terletak  pada atap rumah dan berfungsi sebagai keluar masuknya udara segar serta memberikan pencahayaan yang cukup yang berasal dari luar. Atap rumah pada zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan skylight. Dikarenakan, banyak sekali kelebihannya. Selain memiliki kelebihan, atap skylight tentu juga memiliki kekurangan. Hal tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Kelebihan Atap Kaca Skylight

atap kaca

1. Dapat Memancarkan Cahaya Natural

Seperti yang sudah dibahas, skylight berfungsi sebagai “jendela” perantara antara sinar matahari dan sebuah ruangan dalam rumah.

Sinar matahari merupakan pencahayaan natural yang dapat membuat ruangan kamu terasa lebih hangat dan terbuka.

Dilansir dari psychologytoday.com, pencahayaan natural dapat meningkatkan mood dan dapat membantu kinerja kerja dan aktifitas kita di rumah.

2. Hemat Listrik

Tagihan listrik melunjak? Pasang skylisght! Dengan menggunakan skylight, kamu secara otomatis akan lebih menghemat listrik. Kamu enggak perlu menyalakan lampu pada siang hari karena bisa mengandalkan cahaya matahari yang tembus dari atap gelas kaca.

Cahaya matahari juga terbukti lebih terang dari cahaya yang dipancarkan lampu berwatt tinggi. Cahayanya juga akan terlihat lebih natural dan tidak mudah merusak mata.

3. Ventilasi Tambahan

Skylight tidak selamanya harus menjadi atap rumah yang tidak bisa kamu ulik.

Metode pemasangan skylight kaca bisa berbagai macam, ada skylight permanen, geser, dan kanopi.

Dengan memasang skylight geser, kamu bisa menambahkan jumlah ventilasi di rumah sehingga sirkulasi udara di rumahmu pun semakin lancar.

4. Memperluas Ruangan

Keunggulan atap kaca berikutnya adalah untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Sebuah ruangan yang memiliki pencahayaan maksimal dapat terlihat lebih luas karena ruangannya yang terbuka dan terlihat dari ujung ke ujung.

Dengan cahaya matahari, kamu tidak usah mengeluarkan uang untuk membeli banyak lampu untuk menerangi rumah, cukup dengan penerapan skylight, rumahmu pun senantiasa akan terlihat lebih luas.

5. Menambahkan Estetika Fasad dan Desain Interior

Bentuk atap kaca skylight sangatlah modern.

Kaca merupakan salah satu material bangunan yang sering dipilih untuk mendesain rumah minimalis modern.

Memasang atap ini di rumah dapat menambahkan kesan modern dan minimalis pada fasad rumah, juga desain interior.

Dari luar, rumah akan terlihat stylish, dan dari dalam, hunia kamu tidak hanya akan terasa hangat, namun juga terlihat lebih indah dan apik.

Kelemahan Atap Kaca Skylight

atap kaca

Kelemahan atap kaca sebenarnya tidak banyak, tapi termasuk penting karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah.

Itulah mengapa pengaruh negatifnya ini tidak bisa kita anggap enteng.

Kekurangan Skylight :

  • Konstruksinya susah dan memakan waktu yang lama Membangun skylight membutuhkan kalkulasi dan material yang tepat. Apabila salah, skylight dapat mudah roboh dan membahayakan keselamatan penghuni.
  • Membuat ruangan terasa panas saat suhu cuaca sedang naik. Kaca adalah material penghantar panas yang sempurna. Apabila tidak diberikan sistem ventilasi udara pada ruangan yang memiliki skylight, suhu panas dapat meningkat dengan drastis pada ruangan.
  • Susah dirawat. Sifat kaca yang transparan karus sering dibersihkan dari luar dan dalam ketika sudah berdebu. Bila dibiarkan kotor, akan menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah.
WhatsApp chat