Kelebihan dan Kekurangan  Menggunakan Wallpaper dinding

Jasa arsitek malang – Agar rumah anda senantiasa nyaman, perlunya menambah sentuhan untuk mempercantik setiap sisi bangunannya. Salah satu caranya dengan melekatkan wallpaper dinding untuk pemanis ruangan.

Fungsi Wallpaper rumah dapat lebih dari sekedar ornamen saja, dan juga banyak lagi kegunaan lainnya. Namun dari banyaknya fungsi-fungsi yang membantu dari wallpaper dinding ada juga kekurangannya. Karena setiap hal yang mempunyai kelebihan pasti mempunyai kekurangan.

Kelebihan Menggunakan Wallpaper dinding

Ada beberapa kelebihan dari memasang wallpaper dinding yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Praktis untuk menutupi retak, lubang dan cela pada dinding

Wallpaper dapat menyamarkannya dengan apik dan praktis pula, sehingga dinding rumah tampak lebih menarik. Beberapa motif wallpaper pun dicetak dengan tekstur menyerupai dinding atau batu bata.

2. Beragam pilihan jenis wallpaper dinding yang dapat disesuaikan dengan selera

Agar semakin hidup, salah satu komponen yang perlu ditonjolkan adalah dinding. Wallpaper memiliki beragam jenis motif dan warna mulai dari warna – warna polos sampai perpaduan berbagai motif seperti garis-garis, monokrom maupun kartun

3. Wallpaper dapat bertahan lama

Daya tahan wallpaper yang sangat lama dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang tidak memiliki waktu atau tenaga untuk mengecat ulang dinding setiap dua atau tiga tahun sekali.

4. Sesuai untuk rumah dengan anak-anak

Jika anda memiliki anak-anak balita yang gemar membuat ‘mahakarya’ di dinding rumah, anda dapat memilih wallpaper dengan bahan khusus seperti vinyl yang permukaannya lebih mudah dibersihkan dari kotoran. Ada juga wallpaper yang bersifat tahan air atau water-resistant. Hal ini tentu lebih ringan daripada harus mengecat ulang dinding rumah anda tiap kali si kecil berulah

Kekurangan menggunakan wallpaper dinding

Setelah menilai kelebihan yang anda peroleh dari menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding rumah, perhatikan juga hal-hal di bawah ini yang merupakan kekurangan dalam penerapan wallpaper dinding.

1. Menimbulkan bekas jika tidak dikelupas dengan cara khusus

Jika anda memutuskan untuk mengganti wallpaper rumah, baik karena jenuh ataupun sudah usang, pastikan anda tidak sembarangan mengelupasnya. Kelupaslah dengan hati-hati sehingga wallpaper dapat dikelupas secara sempurna tidak berbekas.

2. Relatif mahal

Warna warni dan beragam motif wallpaper memang sangat meggoda, akan tetapi, anda harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memberi suasana baru ke hunian anda menggunakan wallpaper.  Selain itu, anda juga mungkin perlu membayar tenaga untuk memasang wallpaper karena tidak setiap orang dapat memasangnya sendiri.

3. Mudah mengelupas dalam ruangan yang lembab

Wallpaper memang memiliki daya tahan yang lebih. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan bahwa dalam kondisi tertentu wallpaper juga tidak mampu bertahan.  Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menempelkan wallpaper di ruang dapur dan kamar mandi jika tidak ingin wallpaper anda menjadi mudah mengelupas.

4. Perlu persiapan yang ekstra

Ketika akan memasang wallpaper, anda harus memastikan ukurannya agar sesuai dengan dinding, lalu mengguntingnya barulah wallpaper dinding siap ditempel. Anda juga perlu memperhatikan tiap tiap ujung wallpaper menempel dengan sempurna, tidak tertekuk atau terlipat. Pemasangan kertas dinding yang merata dan tepat hingga tiap sisi akan membuatnya lebih tahan lama.

WhatsApp chat