Kenali Jenis Cat Tembok dan Karakternya

Kenali Jenis Cat Tembok dan Karakternya – Sebelum anda mengaplikasian cat tembok, selain menyesuaikan dengan konsep ruangan, ketahui juga jenis cat tembok dan karakteristiknya. Simak saja artikel berikut untuk lebih jelasnya.

 

Jenis Cat Tembok

Cat tembok yang bisa digunakan untuk mengecat dinding rumah ada 2 macam yaitu cat tembok untuk interior dan cat tembok untuk eksterior.

  1. Cat untuk eksterior

Cat untuk bagian luar rumah, digunakan sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan juga berfungsi melindungi tembok dari cuaca.

Terpaan sinar matahari dan hujan serta perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan,misalnya retak-retak akibat proses pemuaian dan penyusutan. Dibutuhkan cat tembok yang bersifat fleksibel atau berbahan lateks acrillic.

Selain itu, terpaan polusi asap kendaraan sangat mempengaruhi durasi kecemerlangan cat. Untuk itu diperlukan cat eksterior yang tahan terhadap cuaca dan polusi serta memiliki daya tahan yang baik.

  1.  Cat untuk interior

Cat interior digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah. Jenis cat ini dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Jenis cat ini juga mudah dibersihkan jika ada noda/kotoran sehingga mudah dalam perawatan dan berbahan dasar air (water based).

Dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan semi kilap. Sedangkan menurut bahan utamanya cat tembok terdiri dari:

  • Cat tembok berbahan lateks yaitu jenis cat yang pelarutnya berbahan dasar air (water based).
  • Cat tembok berbahan minyak yaitu jenis cat tembok yang pelarutnya berupa pelarut kimia (solvent based).

Karakter Cat Tembok

Glossy

Jenis ini memiliki 2 tipe yakni high gloss dan semi gloss. High gloss cenderung memantulkan cahaya hingga nampak berkilau. Cocok diaplikasikan untuk eksterior yang sering terpapar sinar matahari semisal pilar rumah. Jenis ini sangat mudah dibersihkan sehingga Anda tidak perlu repot. Sedangkan semi gloss memiliki tingkat kilap lebih rendah namun tidak mudah mengelupas. Cat ini pas digunakan untuk ruangan yang mudah terpapar noda semisal dapur dan kamar mandi.

Doff atau matte

Cat ini memberi efek kilap pada permukaan. Meski tak sekilap glossy namun tetap terlihat lembut. Sangat berkarakter sehingga nampak menyatu dengan dinding. Cocok diaplikasikan pada dinding luar rumah karena tahan cuaca ekstrem, atau digunakan untuk kamar tidur karena karakternya yang lembut.

Eggshell

Seperti namanya tampilannya mirip kulit telur, sedikit bertekstur namun halus ketimbang matte/doff. Eggshell lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Cocok diaplikasikan di ruang kerja, ruang keluarga dan atau ruang tamu.

Satin

Tampilan mewah namun tidak glossy dan juga tidak terlalu menempel seperti matte/doff. Jenis ini terasa lembut di tangan saat disentuh. Efeknya yang teduh dan tidak memantulkan cahaya cocok untuk diaplikasikan di ruang galeri atau resto. Di rumah akan cocok diaplikasikan di kamar tidur atau ruang tamu. Tipe cat ini juga mudah dibersihkan.

WhatsApp chat