Kenali Jenis Jendela Sebelum Membangun Rumah

Arsitek Malang – Setiap rumah pasti memiliki jendela, jendela merupakan bagian yang penting dalam sebuah bangunan sama halnya dengan pintu. Jendela berfungsi sebagai sirkulasi udara dan media penyalur masuknya cahaya matahari. Tahukah anda apa saja jenis jendela? Simak dibawah ini.

  1. Jendela Ayun (Casement Window)

Cara kerja jendela ini cukup dengan mengayunkan keluar saat dibuka dan berbentuk hampir seperti pintu. Cocok untuk ruangan yang menghadap ke taman sehingga sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara optimal.

  1. Jendela Geser (Sliding Window)

Jenis ini tidak boros tempat karena hanya perlu digeser saja serta mudah dibersihkan, dirawat. Sinar matahari dan sirkulasi udara juga bisa tersalurkan kedalam secara optimal.

  1. Jendela Nako (Jalousie Window)

Jenis jendela ini sangat populer di tahun 2000-an. Walaupun sudah tidak sepopuler dahulu tetapi ada beberapa orang yang masih menggunakannya. Jenis ini memberikan kesan vintage pada hunian. Cocok untuk rumah mungil yang berdempetan. Tetapi, frame kaca jendela ini mudah longgar sehingga mudah terlepas dan jatuh serta mudah berkarat besinya jika tidak dirawat.

  1. Jendela Pivot (Pivot Window)

Jenis ini memiliki engsel ditengah kusen sehingga jendela melekat dibagian tengah dan membuat jendela ini bisa memutar 90-180 derajat. Kelemahan jenis ini yaitu tidak bisa dipasang teralis pengaman, kasa nyamuk dan merusak gorden.

  1. Jendela Pita (Ribbon Window)

Jenis ini merupakan jendela memanjang secara horisontal maupun vertikal. Sinar matahari juga bisa masuk kedalam ruangan dengan mudah. Cocok diletakan di ruangan yang besar. Sebagian besar jendela ini merupakan kaca mati.

  1. Jendela Kaca Mati (Fixed Window)

Jendela kaca mati ini terdiri atas kaca yang dipasang ‘mati’ pada kusen, sehingga tidak bisa dibuka-tutup. Fungsinya adalah menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. Biasanya jendela ini sebagai pendamping jendela lain di rumah. Cocok untuk rumah/gedung yang menggunakan AC.

  1. Jendela Awning&Hopper 

Pada dasarnya kedua jenis jendela ini memiliki bentuk yang sama. Saat ditutup pun kenampakannya persis. Hanya saja, jendela awning terbuka di bawah, sedangkan jendela hopper terbuka di atas.

  1. Jendela Bay&Bow 

Bentu kedua jenis jendela ini menjorok ke depan dan keluar batas dinding bangunan. Perbedaanya, bay berbentuk sudut siku simestris dan bow berbentuk melengkung seperti busur. Cocok untuk desain rumah mediterania atau klasik Eropa.

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat