Kenali Kekurangan Rumah Minimalis

Kenali Kekurangan Rumah Minimalis – Seperti pada artikel sebelumnya tentang keuntungan rumah minimalis. Memang desain rumah minimalis banyak diminati, tapi jika kamu berencana membangun rumah barumu dengan konsep ini. Kamu juga harus dianjurkan untuk mengetahui kekurangan dari rumah minimalis. Kira-kira apa saja ya kekurangannya? Mari simak saja yuk!

  1. Tidak Memiliki Identitas Lokal

Rumah minimalis termasuk ke dalam gaya arsitektur modern yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Rumah minimalis memiliki gaya yang berlaku umum dan terlihat sama di semua daerah. Inilah yang membuat rumah minimalis tidak mengindahkan identitas arsitektur lokal.

Hal ini yang membuat para desainer mencoba menambahkan elemen dekorasi dan ciri khas arsitektur lokal pada rumah minimalis. Namun jika ditambahkan dekorasi maka rumah tersebut tidak akan menjadi rumah minimalis lagi.

  1. Terkesan Kosong Dan Tanpa Makna

Rumah minimalis memang dibuat sederhana tanpa adanya dekorasi.  Terkadang ini yang menjadikan rumah minimalis terlihat kosong.  Tidak ada makna yang tersirat pada desain rumah minimalis. Yang ada hanyalah fungsi dan kekuatan struktur.

Salah satu dampak negatif dari berkembangnya gaya rumah minimalis adalah hilangnya identitas arsitektur lokal. Seperti yang kita tahu indonesia terlalu kaya dengan keragaman termasuk gaya arsitektur. Masing-masing daerah punya keunikan arsitektur sendiri yang menjadikannya berbeda dengan yang lain.

Beberapa kalangan mungkin tidak menyukai hal ini. Mereka ingin rumah mereka memiliki makna dan identitas yang membedakannya dengan rumah lainnya. Inilah yang mendorong munculnya gaya kombinasi pada rumah-rumah sekarang. Berapa mencoba menggunakan gaya minimalis hanya agar konsepnya lebih menjual meskipun sebenarnya tidak minimalis.

Misalnya gaya rumah bali minimalis. Gaya rumah minimalis yang ditambahkan dekorasi ala arsitektur bali. Dengan ditambahkan dekorasi, tidak mungkin disebut minimalis lagi. Begitu juga dengan daerah-daerah lain di indonesia.

  1. Hanya Bisa Digunakan untuk Keluarga Kecil

Mengingat luas tanah yang tak begitu luas, hunian ini cocok bagi yang masih single ataupun keluarga kecil. Rumah model minimalis ini hanya cocok untuk keluarga kecil yang terdiri ayah, ibu dan satu atau dua anak saja.

Rumah yang tidak terlalu besar membuat kamu tidak bisa membuat banyak kamar. Karena jumlah anggota keluarga tentu saja akan mempengaruhi jumlah kamar yang dibutuhkan. Nyatanya, ia hanya dilengkapi dengan beberapa kamar saja. Sehingga kurang bagi  keluarga besar.

  1. Terlihat Sempit Jika Tak Bisa Mengaturnya

Rumah dengan gaya ini memerlukan kemampuan untuk mengatur furnitur dengan baik, jika kamu kurang jeli atau pintar untuk mengatur perabot dan furniture rumah, ia akan terasa sempit. Hunian minimalis membutuhkan pengaturan dan penataan yang baik. Jadi tidak cocok bagi kamu yang kurang bisa mengatur atau menata ruangan.

Ketika seharusnya rumah sederhana dan terlihat elegan, ia malah terkesan kaku, sempit dan membosankan. Kamu pun tak bisa sembarang memilih perabot, semisal ukurannya harus disesuaikan dengan ruangan.

Namun ingat, jangan membeli furniture dengan ukuran terlalu besar ya! Dengan kelebihan dan kekurangan dengan konsep di atas, kita bisa memiliki pilihan matang sejak awal.

WhatsApp chat