kenali macam macam tipe rumahKENALI MACAM MACAM TIPE RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor– Bagi anda yang berencana untuk membeli rumah atau membangun rumah dan masih awam dengan tipe tipe rumah, Anda perlu untuk membaca artikel kenali macam macam tipe rumah berikut ini nih, Yuk simak baik baik.

1. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 21/24

Foto: upharga.com

Foto: upharga.com

Rumah tipe 21/24 adalah rumah yang paling kecil dibangun oleh pengembang perumahan, dengan ukuran rumah berkisar 3 x 7 meter atau 4 x 6 meter. Tipe rumah 21/24 biasanya terdiri dari satu carport terbuka, dua kamar tidur, satu ruangan multifungsi, sebagai dapur + ruang makan, atau ruang keluarga dan satu kamar mandi.

Foto: designrumah.co.id

Foto: designrumah.co.id

Meski mungil, rumah tipe 21/24 tetap banyak diminati. Dengan harga yang cukup terjangkau, yakni berkisar 140-300 juta Rupiah, tergantung spesifikasi dan fasilitas dalam perumahan.

2. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 36

Foto: interdesain.com

Foto: interdesain.com

Berikutnya adalah tipe rumah 36 yang juga sering laris manis di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan harga mulai dari 250 juta Rupiah dan total luas 36 m², biasanya tipe rumah 36 dibangun di atas tanah seluas 60 m², 72 m², atau 90 m².

Susunan ruangannya serupa dengan tipe 21/24, namun rumah tipe 36 memiliki halaman depan dan belakang yang lebih luas. Salah satu pilihan di Semarang adalah Graha Klipang.

Foto: id.pinterest.com/dotlinerdesign

Foto: id.pinterest.com/dotlinerdesign

Spesifikasi rumah tipe ini juga hampir sama dengan rumah tipe 21, namun kualitas materialnya umumnya lebih baik.

Spesifikasi tersebut bisa saja diubah dengan mengurangi dan menambahkan beberapa hal, untuk menyesuaikan kebutuhan. Kalau ingin mempercantik rumah tipe 36 menjadi gaya lebih kekinian, simak panduannya dari Rumah.com.

3. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 45

Foto: interdesain.com

Foto: interdesain.com

Sesuai dengan namanya, tipe rumah 45 memiliki total luas bangunan 45 m² dengan layout umum 7,5 x 6 meter. Untuk Anda dengan keluarga kecil, tapi ingin memiliki rumah yang lebih leluasa, tipe rumah 45 bisa jadi pilihan. Dengan kisaran harga 450 juta Rupiah, rumah ini memang banyak dicari.

 

Foto: Designrumah.com

Foto: Designrumah.com


Foto: rumahbagusminimalis.com
4. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 54

Foto: rumahbagusminimalis.com

Rumah seluas 54 m² ini biasanya dibangun di atas lahan seluas 120 m² hingga 150 m². Tipe rumah 54 ini seringkali disebut smarthouse, karena sangat memungkinkan untuk dibangun menjadi dua lantai. Jika suatu saat jumlah keluarga bertambah, maka Anda bisa membangun rumah tanpa perlu merobohkan semua bangunan.

Pada umumnya, harga rumah tipe ini berkisar 250-800 juta Rupiah per unit.

Foto: rumah.com

Foto: rumah.com


5. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 60

Foto: interiordesign.id

Foto: interiordesign.id

Rumah dengan luas 60 m² ini biasanya memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda, yaitu ukuran persegi 6 x 10 m, 8 x 7 m atau 6 x 12 m. Meski begitu, semuanya masuk dalam ukuran 60 m². Jika luas 60 m² belum cukup memadai, maka Anda dapat merenovasinya menjadi 2 lantai.

Foto: Timahproperti.com

Foto: Timahproperti.com

Spesifikasi tipe rumah 60:


Foto: blogmaterialbangunan.com
6. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 70

Foto: blogmaterialbangunan.com

Rumah tipe 70 menawarkan kenyamanan bagi penghuninya. Dimensi dari tipe ini sangat bervariasi, mulai dari 7 x 10 meter, hingga 5 x 14 meter. Besarnya lahan dan bangunan rumah, sangat cocok bagi keluarga besar.

Karena itulah, tidak heran jika macam tipe rumah yang ini sering diburu masyarakat menengah ke atas dengan harga pasaran di atas 500 juta Rupiah hingga miliaran Rupiah.

Foto: rumah.com

Foto: rumah.com

7. Spesifikasi dan Denah Rumah Tipe 120

Foto: rumahdijual.com

Foto: rumahdijual.com

Rumah tipe 120 m² bisa dikatakan sebagai rumah mewah. Dimensi rumah tipe ini bervariasi, mulai dari 10 x 12 meter atau 8 x 15 meter. Biasanya rumah seluas ini dibangun lebih dari satu lantai, namun banyak juga yang membangunnya dengan hanya satu lantai. (Sumber: Raywhite).

Di bawah adalah contoh rumah tipe 120 yang dibangun dua lantai.

Foto: rumahkita.id

Foto: rumahkita.id

Untuk spesifikasi bangunannya, rumah tipe 120 tidak jauh berbeda dengan rumah tipe 70, namun bisa saja pemiliknya menggantinya dengan kualitas material yang lebih baik.

Tipe Rumah Minimalis

Setelah mengetahui tipe-tipe rumah yang banyak diminati orang Indonesia, pada zaman sekarang. Saatnya Anda mengetahui apakah tipe rumah paling diminati tersebut termasuk rumah minimalis atau ada tipe rumah lain yang dapat dijadikan rumah minimalis? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Rumah Minimalis Tipe 21 untuk Pasangan Muda

Foto: arsitur.com

Foto: arsitur.com

Mengutip Sefa Stonerumah minimalis dinilai dari bagaimana arsitektur berhasil mencapai kesederhanaan dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada dan diisi dengan barang atau furniture yang fungsional.

Developer di Indonesia pun sering kali membangun rumah tipe 21 yang terdiri dari satu kamar tidur dan cukup untuk dua orang. Rumah-rumah ini tersedia dengan harga rendah, cocok untuk pasangan keluarga yang baru menikah.

Dengan luas bangunan 21 m², rumah tipe ini bisa berukuran 6 x 3,5 meter. Tipe rumah ini bisa jadi opsi bagi Anda yang baru pertama kali mencari rumah.

2. Rumah Minimalis Tipe 36, dengan Dua Kamar

Foto: arsitur.com

Foto: arsitur.com

Nah, kita telah bahas sebelumnya, bahwa rumah tipe 36 jadi jenis idaman orang Indonesia. Anda yang punya budget lebih untuk membeli dan mencicil dapat menjadikan rumah tipe 36 jadi opsi.

Serupa dengan rumah tipe 21, intinya interior rumah harus benar-benar memanfaatkan ruang kosong yang ada dan diisi furniture multifungsi. Apartment Therapy menyebut, setiap orang yang ingin mencoba minimalisme harus benar-benar tahu bagaimana menjadikan interior rumahnya tepat indah dan tidak sempit.

Rumah tipe 36 memiliki dua kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas. Jadi kembali pada kreativitas Anda untuk membuat kamar atau ruangan minimalis impian!

3. Rumah Minimalis Tipe 45 dengan Tiga Kamar

Foto: arsitur.com

Foto: arsitur.com

Rumah tipe 45 sesuai dengan namanya, punya luas 45 m² bisa jadi upgrade atau peningkatan dari dua tipe sebelumnya. Dengan rumah yang lebih luas, keluarga yang memiliki anak paling cocok mengisi rumah ini. Tipe ini dapat menyediakan tiga kamar tidur, meski tanpa halaman belakang.

Terdapat teras yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dengan rumah tipe 45. Anda dapat menjadikan rumah ini minimalis dengan furniture multifungsi yang dapat membuat kesan rumah semakin luas. Maka, terdapat ruang gerak untuk si kecil bermain.

4. Rumah Minimalis Tipe 54 yang Luas

Foto: arsitur.com

Foto: arsitur.com

Rumah tipe 54 biasanya ditargetkan untuk kelas menengah, karena unggul pada luas bangunan. Rumah ini pun tetap bisa jadi opsi minimalis zaman sekarang. Justru dengan luas 54 m² rumah ini bisa dibangun dengan dua lantai. Kemudian, interiornya dibuat seminimalis mungkin agar rumah terasa sangat luas.

Misal, lantai dasar untuk dapur, ruang makan, ruang tamu atau bahkan sebuah taman. Ruang kosong yang lebih banyak dapat jadi tempat bersantai atau bermain anak. Sementara lantai dua berisi kamar dan ruang keluarga.

5. Rumah Minimalis Tipe Modular dengan Harga Terjangkau

Foto: smallhousebliss.com

Foto: smallhousebliss.com

Tipe rumah ini memang belum umum di Indonesia. Namun, bisa jadi salah satu opsi bagi Anda yang berencana membangun rumah sendiri. Dalam smallhousebliss.com, disebutkan rumah modular ini memiliki karakteristik untuk memanjang. Rumah ini biasa berbentuk persegi panjang.

Foto: busyboo

Foto: busyboo

Rumah minimalis tipe modular pun banyak dikenal karena keunggulannya untuk fleksibilitas desain dan pilihan material sehingga, harga rumah minimalis ini pun bisa lebih terjangkau.

6. Rumah Minimalis Tipe Kontainer yang Ekonomis

Foto: homeinabox

Foto: homeinabox

Mengikuti panduang jiwa minimalis, kontainer adalah pilihan paling efektif untuk dijadikan hunian. Masih hal yang tabu di Indonesia untuk membuat Kontainer bekas jadi sebuah rumah. Namun, ini bisa jadi opsi Anda yang punya budget rendah. Awal yang baik juga untuk hidup minimalis.

Pembuatannya pun terbilang ekonomis, dengan furniture multifungsi dan cukup untuk membantu Anda beraktivitas selama di dalam rumah. Memang ukuran atau luas akan jadi masalah, tapi bila Anda bisa memanfaatkan ruang dengan baik, tidak ada salahnya, bukan?

7. Rumah Minimalis Tipe Trailer untuk Jiwa Petualang

Foto: dwell.com

Foto: dwell.com

Bila Anda yang masih muda dan memiliki jiwa petualang. Rumah minimalis tipe trailer ini bisa jadi opsi. Anda bisa sesekali bepergian sembari mencari lokasi yang tepat untuk bersantai. Tidur, berkegiatan dan bepergian dengan rumah, menarik bukan?

Memang harga mobil trailer tidaklah murah. Namun, bila Anda bisa menabung yang cukup, Anda bisa saja mendapatkannya. Interior rumah minimalis ini pun dapat dibagi dalam satu kamar mandi plus toilet, kamar tidur (kasur) di atas ruangan dapur. Sangat menarik ya.

Nah, Itulah artikel tentang kenali macam macam tipe rumah, Semoga bermanfaat ya.

WhatsApp chat