Kenali Standar Kelembaban Ideal Rumah

arsitek malang

arsitek malangKENALI STANDAR KELEMBABAN IDEAL RUMAH

Arsitek Malang – Pada artikel sebelumnya sudah kita membahas rumah yang sehat. Faktor penentu rumah sehat adalah salah satunya kelembaban yang pas atau standar untuk rumah Anda tepat. Untuk itu sahabat Arsitek Malang, kenali standar kelembaban ideal rumah dan ciptakan rumah sehat sekarang juga!

Memahami kelembapan

Kelembapan (biasa disebut kelembaan relatif) adalah jumlah uap air yang ada di udara. Meskipun secara teoritis dapat berkisar dari nol sampai lebih dari 100 persen, kelembapan relatif di dalam ruangan biasanya berkisar dari sekitar 20 persen sampai 70 persen.

Kenyamanan pribadi tergantung pada kelembapan, karena udara dari suhu tertentu terasa lebih hangat dengan kelembapan tinggi. Sebaliknya sahabat Arsitek Malang, udara pada suhu yang sama terasa dingin jika kelembapan rendah.

Tungau debu rumah, makhluk tak terlihat di sekitar kita yang “mendaur ulang” sel-sel kulit mati, hidup di manapun manusia hidup. Secara teknis, itu adalah enzim dalam limbah mereka yang menjadi udara dan akhirnya terhirup oleh kita, menyebabkan alergi.

Arthropods ini berkembang di suhu yang lebih tinggi dan kelembapan tinggi di kisaran 70 sampai 80 persen. Meski hampir tidak mungkin untuk menghilangkan tungau debu rumah dan kotoran alergi mereka, kita dapat mengendalikan jumlah mereka dengan mengendalikan tingkat kelembapan. Tungau tidak dapat berkembang pada tingkat kelembapan di bawah 50 persen.

Humidifier modern biasanya memiliki hygrometer atau perangkat pengukur kelembapan. Cukup memilih pengaturan antara 40 dan 48 persen kelembapan dan Anda dapat menjaga keseimbangan antara kontrol tungau debu dan udara lembap yang nyaman untuk kulit Anda.

Tipe-tipe kelembapan

Dengan asumsi bahwa Anda tidak dapat memantau seluruh kelembapan rumah sahabat Arsitek Malang, pilihan terbaik adalah penggunaan humidifier. Peralatan rumah tangga ini biasanya portabel dan mampu melembapkan udara di satu sampai beberapa kamar. Mesin ini memiliki tangki air yang harus diisi ulang secara teratur.

Jenis yang paling umum adalah evaporative humidifiers, juga disebut “cool mist” humidifier, menggunakan alat reservoir, sumbu, dan filter untuk menyebarkan uap air suhu kamar ke udara. Seperti disebutkan di atas, ada yang diprogram dan memiliki sebuah hygrometer terpadu untuk mempertahankan tingkat kelembapan optimal. Filter harus diganti secara teratur untuk menghindari pertumbuhan berlebih dan saturasi dengan mineral dari air keran.

Jenis lain dari alat kelembapan rumah termasuk alat penguap (yang menghasilkan uap), humidifier impeller, dan humidifier ultrasonik. Karena alat-alat ini tidak menggunakan filter, model impeller dan ultrasonik dapat menyimpan mineral seperti debu halus pada furnitur yang berdekatan, sehingga bukanlah pilihan terbaik Anda. Vaporizer lebih efektif, menggunakan jauh lebih banyak energi daripada evaporative humidifiers yang sederhana.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *