Kesalahan Saat Mendekorasi Rumah

Kesalahan Saat Mendekorasi Rumah – Mendekorasi merupakan hal yang perlu dilakukan. Karena dengan mendekorasi rumah secara rutin dapat memberikan suasana baru di dalam rumah, kemudian juga membuat rumah tampak up to date dengan tren interior yang yang ada. Namun, banyak sekali orang yang masih melakukan kesalah saat mendekorasi rumah mereka. Kira-kira apa saja ya kesalah yang sering dilakukan itu? Mari simak saja yuk artikel berikut.

  1. Menyimpan banyak barang

Ciri khas dari rumah minimalis adalah sederhana dan tidak menggunakan banyak barang. Apa jadinya jika ruang minimalis anda diisi banyak barang dengan alasan tidak ada tempat untuk menyimpan barang tersebut? Tentu akan merusak dekorasi rumah minimalis.

Cobalah untuk menyortir barang-barang yang disimpan tersebut, mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Barang-barang yang masih bisa dipakai sebaiknya dimasukkan ke dalam sebuah kotak penyimpanan agar tidak terlihat berantakan dan mengotori rumah. Sedangkan barang yang sudah tidak bisa dipakai, sebaiknya dibuang atau dijual.

  1. Tidak memperhatikan pencahayaan

Elemen pencahayaan lampu atau pencahayaan alami akan memberi pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Tanpa pencahayaan yang baik, dekorasi rumah minimalis akan sia-sia. Ruangan akan terlihat sumpek dan suram. Manfaatkan sinar matahari untuk penerangan di siang hari. Bila memungkinkan, buatlah jendela minimalis berukuran besar agar sinar matahari ini bisa menyinari seluruh sudut ruangan. Pada malam hari gunakan pencahayaan dari lampu, baik yang sifatnya direct maupun indirect.

  1. Tidak memisahkan area

Umumnya rumah minimalis memiliki lahan yang terbatas sehingga penghuninya terpaksa menyatukan beberapa ruang sekaligus dalam satu area. Hal tersebut sah-sah saja, namun yang sering terjadi dalam dekorasi rumah minimalis adalah ketika penghuni tidak memisahkan area tersebut dengan area lainnya.

Agar dekorasi rumah minimalis terlihat lebih rapi, pisahkanlah area-area tersebut menggunakan dinding pembatas atau partisi ruangan kreatif yang sifatnya semi permanen seperti lemari atau tirai.

  1. Tidak menggunakan furnitur berdasarkan ukuran dan fungsi

Pemilihan furnitur minimalis harus didasari dengan pertimbangan ukuran dan fungsi. Membeli furnitur untuk rumah juga harus dipertimbangkan baik-baik. Begitu juga untuk pertimbangan fungsi. Jika bisa menggunakan ottoman sebagai tempat penyimpanan, sandaran kaki, meja kopi, sekaligus tempat duduk, kenapa harus membelinya secara terpisah dan memenuhi seisi ruangan?

  1. Menjauhkan semua furnitur dari dinding

Memang benar menjauhkan furnitur dari dinding bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Namun jika menjauhkan semua furnitur yang ada dari dinding, anda telah melakukan kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis. Hasilnya ruangan akan terlihat berantakan dan mempersulit jalur lalu-lalang para penghuni rumah.

Jika ingin menjauhkan furnitur dari dinding, sebaiknya lakukan pada beberapa sudut saja. Selain itu, perhatikan juga jarak furnitur dari dinding.

  1. Menggantungkan terlalu banyak pajangan

Dekorasi rumah minimalis tidak bisa terlepaskan dari dekor dan pajangan dinding seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan. Menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi. Sebaliknya, menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan acak bisa menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif.

Namun semuanya akan sia-sia jika anda terlalu banyak menggantungkan pajangan di dinding. Alih-alih terlihat cantik, dekorasi rumah minimalis akan terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan.

  1. Menggunakan furnitur dalam beragam ukuran

Beberapa ahli interior menyarankan penggunaan furnitur dalam berbagai ukuran untuk menciptakan suasana yang berbeda dan lebih menarik. Kalau anda bukan orang yang ahli dalam menata dekorasi rumah minimalis, sebaiknya hindari tips tersebut karena hasilnya bisa jadi berantakan dan ruangan terlihat timpang. Pada dasarnya ruangan minimalis akan lebih sedap dipandang mata jika semua furniturnya memiliki ukuran yang seimbang.

  1. Penggunaan bantal duduk sebagai dekorasi rumah minimalis

Agar waktu bersantai di ruang keluarga jadi lebih nyaman, ada baiknya anda menambahkan bantal duduk yang juga berfungsi sebagai salah satu elemen dekorasi rumah minimalis. Pilihlah motif sederhana dan warna serasi dengan tema yang diusung pada ruangan tersebut. Anda juga harus memperhatikan kondisi bantal duduk. Bantal yang kempis akan merusak tampilan interior. Jadi pastikan untuk menjemur bantal secara rutin supaya dakronnya tetap mengembang.

  1. Minim dekorasi di pintu masuk

Pintu masuk dan area foyer merupakan salah satu area yang sering dilalui oleh penghuni dan tamu. Sayangnya area pintu masuk ini sering diabaikan karena hanya dilewati sebentar saja. Padahal area ini penting untuk didekorasi.

Sebagai bentuk dekorasi rumah minimalis pada area pintu masuk, anda bisa meletakkan gantungan baju sederhana untuk menggantungkan jaket atau helm. Bisa juga meletakkan rak sepatu agar area tersebut terlihat lebih rapi.

  1. Membiarkan kabel berantakan

Zaman modern seperti sekarang ini rasanya tidak mungkin untuk tidak menggunakan satu barang elektronik di dalam satu ruangan. Misalnya saja di ruang keluarga ada TV, radio, DVD player, atau pengeras suara. Kabel-kabel barang elektronik ini akan membuat tampilan rumah menjadi jelek dan berantakan. Solusinya adalah merapikan kabel-kabel tersebut menggunakan pengikat kabel, menyembunyikannya di balik lemari, atau menutupinya menggunakan barang-barang DIY yang bisa berfungsi sebagai dekorasi rumah minimalis juga.

WhatsApp chat