KETAHUI FUNGSI SERBAGUNA BALKON RUMAH

Jasa Arsitek – Balkon rumah ternyata memiliki fungsi yang serbaguna, tidak hanya sebagai ruangan bersantai. Posisi balkon yang berada di atas diharuskan memiliki kekuatan ekstra yang dapat menopang beban di atasnya mulai beban material, beban penghuni maupun beban furnitur yang disimpan di atasnya.

Seriring berkembangnya zaman, balkon menjadi ruangan yang fungsional. Bagi yang belum tahu, simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam fungsi balkon.

1. Memperluas Ruangan

fungsi balkon rumah

Untuk kamu yang mempunyai masalah rumah sempit atau kurang besar, membangun balkon pada lantai atasnya merupakan ide yang cemerlang. Letak balkon yang melekat di samping ruang lantai atas membuat balkon menjadi salah satu solusi perluasan ruangan di rumah kamu. Misalnya, kamu bisa memperluas kamar di lantai atas dengan menempatkan balkon tepat di sisi kamar. Dengan demikian, kamar kamu pun akan terasa lebih luas dan kamu bisa memanfaatkan balkon sebagai tempat penempatan barang yang tidak cukup ditaruh di dalam ruangan.

2. Memperluas Jarak Pandang

fungsi balkon rumah

Letak balkon yang ada di lantai atas membuat ruangan tambahan ini memiliki jendela pandang yang lebih luas daripada lantai yang ada di bawahnya. Hal ini membuat balkon menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai sambil menikmati pandangan di sekitar rumah.

Agar lebih santai, kamu bisa menaruh kursi-kursi atau sofa empuk, serta radio mini untuk menemani kamu menikmati pemandangan sambil meminum teh atau kopi. Dijamin, deh, balkon akan menjadi salah satu tempat favoritmu bersama keluarga, teman, dan kerabat dekat!

3. Sebagai Pelindung Rumah

fungsi balkon rumah

Balkon rumah memiliki bentuk yang menonjol keluar, dan ini tentu saja akan menyisakan ruang di bagian bawahnya. Karena bentuknya yang mancung ke depan seperti pembahasan di atas, ruang di bawahnya akan terlindungi dari sinar matahari atau cipratan air hujan, baik itu deras atau kecil. Ruang di bawah balkon rumah ini juga bisa kamu tempatkan beberapa kursi agar bisa dipakai bersantai.

4. Mempercantik Rumah

Fungsi balkon rumah yang satu lebih fokus pada tampilan rumah secara keseluruhan. Penggunaan balkon di lantai atas dapat membuat dinding rumah kamu menjadi lebih hidup dan menarik, seakan-akan terlihat lebih 3D dan nyata. Dengan dibuatnya balkon, maka tampilan depan rumah kamu akan terlihat lebih dinamis. Semakin unik bentuk balkon rumahnya, semakin cantik dan selaras dengan tema hunian yang kamu miliki.

5. Sebagai Tempat Menjemur Pakaian

fungsi balkon rumah

Seperti yang sudah dibahas, karena konstruksinya, balkon rumah mendapatkan sinar matahari yang lebih dibandingkan dengan bangunan bawah rumah. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai tempat menjemur pakaian. Agar terlihat lebih rapih, hindari menggantung pakaian pada railing balkon.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan jemuran baju alumunium lipat yang bisa dipasang dan dimasukan lagi ke dalam rumah setelah selesai dipakai. Dengan begitu, tampilan rumahmu pun tidak akan tercoreng karena pakaian yang berceceran di balkon.

Nah ternyata balkon memiliki fungsi yang beragam ya. Jadi jangan biarkan balkonmu useless ya karena balkon bisa menjadi tempat yang usefull loh! Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat