Ketahui Masalah Pada Lantai dan Cara Mengatasi

Ketahui Masalah Pada Lantai dan Cara Mengatasi – Kerusakan pada rumah sangat biasa terjadi, salah satunya kerusakan pada lantai. Jangan sepelekan hal ini, perbaikan harus segera dilakukan.  Jika tidak segera memperbaiki, akan ditakutkan bahwa kerusakan akan lebih parah. Nah, untuk itu ketahui terlebih dahulu apa saja kerusakan pada lantai dan cara mengatasinya.

  1. Lantai Popping

popping adalah istilah lantai keramik yang telepas dengan sendirinya. Karena hal ini mengakibatkan lantai tidak aman dan tidak nyaman untuk dilewati. Ada beberapa penyebab kenapa popping ini terjadi

  • Adanya kehilangan kandungan pada perekat semen dan pasir

Biasanya pada keramik lantai itu cara pemasangannya menggunakan pencampuran antara pasir, semen dan air. Seiring waktu berlalu, air yang menjadi pengikat antara semen dan pasir ini mengalami penyusutan sehingga mengakibatkan keramik menjadi lepas

  • Adanya perubahan suhu

Perubahan suhu dapat membuat campuran semen dan keramik memuai.  Akibatnya keramik menjadi mudah terlepas atau terangkat. Karena adanya pemuaian itu berakibatkan  penambahan volume yang kemudian mendorong keramik dan terlepat dari campuran semen. Peristiwa ini biasanya menimbulkan suara yang besar dari retakan retakan keramik kemudian suara seperti ledakan.

  • Adanya penyusutan beton

Bila penggunaan beton sebagai dasar pemasangan keramik, diatasnya memerlukan perekat campuran semen dan pasir,  yang sebenarnya kurang fleksibel. karena saat proses pelepasan air memicu penyusutan beton dan perekat campuran semen dan pasir tidak bisa menyinkronkannya. Sehingga berakibat keramik terangkat secara tiba-tiba.

  1. Lantai Lembab

Masalah lantai yang lembab bisa terjadi pada hampir semua material lantai baik pada kayu ataupun keramik.  Lantai yang lembab bisa berakibatkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Penyebab lantai bisa lembab itu berasal dari air yang muncul dan merembes keatas karena lapisan campuran lantai tidak kedap air.

  1. Lantai Keramik Berjamur

Pada dasarnya sebuah keramik yang terkena jamur itu bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Biasanya keramik berjamur berada pada di tempat yang lembab seperti kamar mandi.

  1. Amblesnya Lantai

Masalah lantai yang amblas ke bawah  ini sudah sering terjadi. Masalah ini bisa dikarenakan oleh 2 faktor. Yang pertama adalah tanah yang menjadi dasar untuk lantai itu tidak stabil dikarenakan kondisi tanah yang lembek, retak dan adanya akar tanaman. Dan yang ke 2 itu terjadi kesalahan dalam pengerjaan pemasangan keramik. Jika kerusakan keramik tidak langsung diperbaiki maka kerusakan lantainya akan semakin bertambah parah.

  1. Lantai Retak

Lantai retak bisa disebabkan dengan banyak hal, di antaranya bisa dari dorongan air yang menembus lapisan perekat kemudian mendorong keramik. Bahkan perubahan suhu yang membuat keramik memuai.

Keadaan tersebut tak diikuti oleh pergerakan perekat sehingga mengakibatkan retak dan pegangan keramik terlepas, jadi diharuskan menggunakan lapisan yang kedap air.

  • Kualitas Keramik yang Rendah

Keramik yang berkualitas rendah dapat berpengaruh pada kekuatan menerima beban yang ada. Tidak jarang kerusakan ditemukan karena kuatisa keramik yang rendah. Sehingga berakibatkan keramik mudah pecah dan retak walaupun beban yang ditanggung tidak terlalu besar semestinya tidak menimbulkan retak dan pecah.

  • Terjadi adanya perubahan struktur

Kesalahan perhitungan struktur pada saat pelaksanaannya bisa membuat keramik lepas. Ada beberapa penyebab perubahan struktur yang mengakibatkan lepasnya keramik antara lain penurunan pada defleksi, penurunan pada pondasi dan retakan pada beton.

Jika anda mengalami kerusakan lantai yang seperti diatas dan tidak sempat memperbaiki, jangan khawatir disini ada tukangmalang.com yang bisa membantu masalah rumah anda. Dan disini juga bisa berkonsultasi  dengan ahlinya.

 

WhatsApp chat