Keuntungan Rumah Kontainer

Keuntungan Rumah Kontainer – Konsep rumah kontainer selain dapat dimanfaatkan untuk sebuah hunian, ternyata banyak juga yang banyak memanfaatkannya untuk café, kedai dan lain-lain. Saat ini konsep ini di Indonesia sudah menjadi tren. Pastinya konsep ini memiliki kelebihan dan kekurangan bukan? Nah, jika Anda tertarik untuk memakai konsep ini ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, yuk!

Kelebihan Rumah Kontainer

  1. Mudah dimodifikasi

Meski rumah minimalis sederhana merupakan tren kekiniaan dan sangat populer, tidak sedikit pula orang-orang yang merasa bosan dengan gaya ini. Maka dari itu, rumah kontainer merupakan solusi yang cocok untuk Anda yang menginginkan sebuah terobosan baru. Terlebih rumah ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan Anda karena memiliki sifat semi permanen.

  1. Tahan terhadap bencana

Kontainer terbuat dari material yang solid serta bahan besi kontainer bersifat sangat kuat dan tahan terhadap bencana seperti kebakaran, banjir hingga gempa sekali pun. Karena keamanan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun rumah, rumah kontainer tidak akan membuat Anda resah terhadap mara bahaya tersebut.

  1. Menghemat ruang

Memiliki ruang yang serba terbatas menutut Anda menemukan cara menata rumah yang kreatif dan seefektif mungkin. Oleh karena itu pemilih perabot menjadi sesederhana mungkin dan menghemat ruangan yang ada seperti meja lipat dan sebagainya. Supaya rumah makin indah dan nyaman, Anda juga dapat mengecat dengan menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk. Jangan sampai salah menata ruangan sehingga rumah tidak terkesan sempit dan kecil.

  1. Harga murah

Siapa yang tidak mengingkan sebuah hunian pribadi dengan harganya yang murah? Bisa jadi itulah mimpi hampir semua orang. Namun perkara keterbatasan lahan yang semakin menyeruak menyebabkan harga tanah semakin tinggi, membuat banyak orang sulit mendapatkan rumah sendiri. Tapi tidak jika menggunakan rumah kontainer! Rumah kontainer merupakan salah satu bentuk nyata dari tips hemat membangun rumah. kontainer dapat Anda temukan di berbagai macam situs online dengan harga yang beragam. Lebih hebatnya lagi rumah kontainer sudah jadi dan Anda tidak perlu memikirkan jenis-jenis atap rumah yang akan digunakan atau pun  sibuk membeli bahan-bahan dalam membangun rumah lainnya.

  1. Merupakan rumah yang unik

Memiliki hunian yang menonjol dari rumah-rumah lainnya tentu dapat menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Dari bentuk yang ditawarkan saja, rumah kontainer sudah berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya. Anda juga dapat memadukan kontainer satu dengan yang lainnya sehingga menjadi lebih unik.

  1. Menimbulkan kesan simple

Rumah yang terbuat dari kontainer juga dapat menimbulkan kesan simple. Hal ini dikarenakan pemilihan perabot yang harus cermat supaya muat dengan rumah kontainer tersebut. Perabot di rumah juga cenderung multifungsi seperti meja lipat, kabinet serba guna dan sebagainya.

  1. Rumah ramah lingkungan

Isu global warming yang semakin meresahkan banyak orang mengharuskan kita lebih menjaga dan peka terhadap lingkungan sekitar. Hebatnya, rumah yang terbuat dari kontainer justru ramah lingkungan. Mengapa demikian? Sebab pembangunan rumah pada umumnya akan meninggalkan banyak sampah serta tidak jarang ditemukan juga kerangka rumah yang akhirnya terbengkalai dan tidak digunakan. Kayu yang dibeli pun menjadi sia-sia. Akan tetapi dengan tren rumah kontainer ini justru dapat menyelamatkan lebih banyak pohon karena tidak membutuhkan kayu untuk membangunnya.

  1. Tidak memerlukan IMB

Membangun rumah secara konvensional akan membutuhkan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Proses perizinan ini akan memakan banyak waktu, tenaga serta uang. Tapi membangunan rumah kontainer tidak membutuhkan semua itu! Karena rumah ini bersifat semi permanen maka proses pembangunannya pun ringkas dan tidak banyak masalah.

  1. Dapat berpindah lokasi

Salah satu kelebihan dari rumah kontainer adalah dapat dipindahkan ke lokasi lainnya. Enak bukan? Jika Anda merasa jenuh dengan lingkungan tempat tinggal Anda sekarang, Anda dapat mengganti suasana tanpa harus membeli rumah baru. Cukup dengan memindahkan kontainer Anda ke lokasi tersebut.

Kekurangan Rumah Kontainer

  1. Lokasi pengiriman terbatas

Untuk membawa kontainer ke lokasi penempatan, Anda akan membutuhkan truk beroda 10. Bisa Anda bayangkan berapa besar truk tersebut dan sebesar apa kebutuhan sirkulasi yang dimiliki truk pengangkut itu? Oleh karena itu lokasi pengiriman kontainer pun terbatas pada lingkungan-lingkungan yang memiliki jalan-jalan besar saja.

  1. Ukuran sudah ditentukan

Karena kontainer merupakan hasil dari pabrik, maka dimensi kontainer pun sudah ditentukan. Anda tidak bisa menentukan sendiri ukuran yang diinginkan.

 

WhatsApp chat