Konsep Desain Farmhouse

Konsep Desain Farmhouse – Rumah dengan konsep ini banyak digunakan di pedesaan luar negeri. Konsep ini menonjolkan kesan alami, hangat dan tenang, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. jika anda berminat untuk menerapkan konsep ini pada hunian baru anda, simak beberapa point tentang konsep ini.

  1. Warna Cat

Warna cat untuk rumah dengan gaya farmhouse umumnya menggunakan warna-warna yang dekat dengan alam, seperti warna coklat, warna netral putih, warna biru, atau warna lembut. Pengaplikasian warna-warna tersebut membuat rumah terkesan hangat dan nyaman.

countryliving.com

  1. Material Kayu

Desain rumah dengan gaya farmhouse memiliki ciri khas penggunaan material kayu, yang bisa diterapkan pada berbagai dekorasi ruangannya. Penerapan material kayu untuk desain rumah ala farmhouse dapat diterapkan pada lantai dengan bahan kayu, langit-langit kayu atau furniture kayu. Pengaplikasian material kayu membuat rumah terkesan nyaman dan hangat.

countryliving.com

  1. Klasik

Rumah dengan konsep desain ala farmhouse biasanya menerapkan unsur klasik pada desain atau dekorasi rumah. Penerapan unsur klasik tersebut dapat diaplikasikan melalui furniture-furniture kuno atau dekorasi rumah dengan benda-benda kuno.

countryliving.com

  1. Simple

Rumah dengan desain ala farmhouse menerapkan konsep simple pada setiap dekorasi dan desain ruangannya. Penggunaan furniture pada rumah, hanya mengaplikasikan furniture-furniture yang dibutuhkan dengan tidak berlebihan. Bahkan tak jarang, sebisa mungkin furniture tersebut digunakan secara optimal untuk berbagai kebutuhan dan beberapa fungsi sekaligus. Sehingga tidak membuat sesak ruangan karena terlalu banyak barang.

countryliving.com

  1. Bata Ekspos

Karena sifatnya yang klasik, gaya rumah ala farmhouse juga tak jarang menerapkan konsep bata ekspos pada sisi dinding-dinding rumah. Tak harus diterapkan pada seluruh sisi dinding, bata ekspos juga dapat diterapkan pada sebagian sisi dinding saja.

countryliving.com

Perbedaan Gaya Farmhouse dengan Gaya Rustic

Farmhouse dan rustic merupakan dua gaya desain yang memang sangat mirip. Namun, tentu saja ada perbedaan dari dua gaya desain ini. Desain Farmhouse hadir dengan furnitur yang menonjolkan unsur-unsur alami. Akan tetapi penggunaan furnitur dengan unsur alami tersebut telah mengalami penghalusan atau tambahan cat. Pun begitu dengan cutting dari penggunaan furnitur modern, sehingga memberikan tampilan yang lebih rapi.

Sementara rustic merupakan dekorasi yang hadir dengan tampilan yang benar-benar alami. Seperti penggunaan furnitur kayu yang kasar tanpa penghalusan atau cat. Selain itu, furnitur rustic juga sengaja dibuat menunjukkan sisi dan potongan yang tidak rapi. Jika farmhouse dilengkapi dengan perabotan modern, rustic hadir dengan kesan vintage jadul. Perabotan dan furnitur jaman dulu menjadi andalan gaya rustic dalam desain dan dekorasi ruang di rumah.

Meskipun farmhouse melibatkan furnitur modern, namun sebenarnya desain farmhouse ingin menghadirkan tampilan tradisional khas pedesaan. Penggunaan furnitur modern dalam gaya desain farmhouse bertujuan untuk memberikan tampilan yang bersih, rapi dan nyaman sekaligus hangat dan romantis.

WhatsApp chat