Macam Desain Handle Pintu

Macam Desain Handle Pintu – Ciri dari rumah minimalis yaitu memiliki desain yang simple dan tidak banyak ornamen. Meskipun tak banyak ornamen, anda juga perlu untuk memberikan identitas pada berbagai perabot dengan berbagai sentuhan.

Nah, gaya ini bisa tampak dari perabot desain benda-benda penting yang pasti ada di sebuah hunian, misalnya pintu, lampu, lantai, jendela, hingga handle pintu. Kira-kira handle pintu seperti apa yang cocok untuk rumah anda? Mari simak saja artikel berikut ini yuk!

Jenis Handle Pintu

Ketika sudah menentukan beberapa hal di atas, kini saatnya Anda mempertimbangkan jenis gagang yang akan digunakan.

  • Lever handle. Handle pintu yang pegangannya bisa digerak-gerakkan. Jenisnya pun ada beberapa macam. Ada lever handle dengan plat, yang biasa dikenal dengan sebutan lever handle. Lalu, ada lever handle tanpa plat. Terakhir, ada knob handle dengan bentuk bulat dan bisa diputar.
  • Pull handle. Jenis ini dilihat dari sistem mekaniknya. Sesuai namanya, cara menggunakan handle ini adalah dengan ditarik. Tidak hanya berhubungan dengan gagangnya, tapi dengan jenis kunci dan lidahnya.

Material Handle Pintu

Sebelum membeli, jangan lupa cek apa bahan dari handle tersebut. Yang cukup kuat dan berat, biasanya terbuat dari stainless steel, namun harganya lebih mahal.

Sedangkan bahan dari kuningan, atau besi banyak dijual dan harganya cukup terjangkau. Sedangkan yang dari aluminium, lebih ringan dan harganya pun murah.

Inspirasi Desain Handle Pintu

Beberapa desain pintu berikut bisa Anda jadikan pilihan ketika akan memadukannya dengan konsep rumah minimalis Anda.

  1. Handle Pintu Minimalis

Handle ini cocok untuk rumah dengan desain rumah minimalis modern. Desain ini cukup umum ditemui karena tidak adanya lekuk rumit.

  1. Untuk Pintu Dorong

Jika pintu rumah Anda cukup besar dan cara membukanya dengan didorong, Anda bisa menggunakan handle dengan jenis seperti ini. Biasanya handle ini digunakan pada pintu kayu yang tidak membutuhkan kunci. Anda juga bisa menggunakannya untuk pintu yang menuju ke dapur.

  1. Gagang Untuk Pintu Kaca

Karena cahaya adalah elemen penting pada rumah minimalis, pintu kaca bisa jadi pilihan. Biasanya, pintu kaca digunakan menuju ke taman di tengah rumah. Gunakan handle pintu ini untuk pintu kaca tanpa kusen.

  1. Pilihan Hitam Maskulin

Walau potongannya langsing, jenis gagang dari stainless ini cocok untuk pintu bercat putih dengan gaya minimalis. Handle pintu ini bisa digunakan juga untuk pintu kaca berkusen besi hitam.

  1. Putih Sederhana

Ingin mencoba warna putih? Mengapa tidak? Warna ini cocok untuk pintu kayu berwarna terang. Jika nuansa rumah minimalis Anda lebih dominan kayu, gunakan handle pintu model ini untuk membuatnya terlihat chic. Kalau pintu Anda juga berwarna putih, Anda bisa memilih handle dengan aksen logam agar tak terlalu monoton.

  1. Minimalis Tanpa Sambungan

Semakin minimalis, handle pintu juga bisa dibuat tanpa sambungan. Handle ini cocok untuk rumah minimalis untuk memberi kesan mewah dan modern. Karena bentuknya cantik, handle ini juga bisa dipakai untuk pintu depan.

  1. Handle Pintu Dengan Desain Langsing

Jika tak suka gagang yang putih, Anda bisa pilih yang ini. Gunakan untuk desain rumah modern minimalis dengan pintu berwarna putih.

  1. Desain Pipa

Bentuknya yang mirip pipa memang menarik dan sesuai untuk pintu yang tak terlalu besar. Handle ini cocok untuk desain minimalis yang unik dan sleek. Anda bisa memadukannya dengan pintu berwarna kayu terang atau putih.

  1. Handle Pintu Twisted

Bentuknya yang melintir menimbulkan rasa penasaran. Pasti Anda ingin mencoba memelintir ke arah sebaliknya kan? Unik juga untuk Anda gunakan pada semua pintu.

WhatsApp chat