Macam-Macam Sofa

arsitek malang

arsitek malangMACAM-MACAM SOFA

Arsitek MalangSofa merupakan furniture wajib yang harus dimiliki di setiap rumah. Furnitur ini biasanya ditempatkan pada ruang tamu ataupun ruang untuk berkumpul lainnya. Sofa menjadi pilihan karena bentuk yang simple dan minimalis. Memilih sofa yang tepat untuk rumah anda juga penting loh. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saj ajenis sofa. berikut ini jenis – jenis sofa yang wajib anda ketahui.

  • Sofa Ruang Tamu

Interior Eksterior Rumah Minimalis Tips Memilih Sofa Ruang Tamu Di Sofa Ruang Tamu Minimalis

Ukuran sofa ruang tamu biasanya disesuaikan dengan ukuran ruangan, tetapi tidak akan sampai memenuhi ruangan tersebut. Untuk menyesuaikan dengan desain ruang tamu, Anda bisa memilih beberapa gaya sofa berikut ini:

  1. Sofa bergaya tradisional

    Sofa dengan gaya tradisional cocok untuk ditempatkan di ruangan besar. Sofa ini memiliki ciri-ciri seperti memiliki bahan pelapis dengan warna ceria atau terang. Sofa jenis ini lebih sering dibuat dari bahan busa keras atau kayu. Itu sebabnya kursi bergaya  tradisional terlihat sangat kokoh. Beberapa model klasik juga didekorasi dengan ukiran yang cukup rumit.Sofa dengan gaya tradisional memiliki sebutan khusus, seperti the cabriole, the chesterfield, dan the lawson. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiriMisalnya sofa the cabriole, rangka sofa ini berbentuk seperti lekukan dan seringnya dibuat dari satu kayu yang utuh. Adapun, sofa the chesterfield dibuat dengan sandaran penuh rumbai, dan jika diduduki ukurannya lebih kecil dibandingkan dua sofa lain. Sofa the lawson ciri khasnya juga unik, yaitu pegangannya lebih pendek dibandingkan sandaran sofa-nya.

  2. Sofa bergaya modern atau kontemporer

    Berbeda dengan sofa tradisional yang lebih memperhatikan detail tampilan, sofa bergaya kontemporer lebih mengedepankan aspek fungsional, agar penggunanya merasa nyaman.Secara fisik, biasanya pinggiran sofa modern dibuat lebih lebar, sehingga terasa lembut saat diduduki. Sangat ideal dipergunakan untuk ruang tamu yang dekorasinya santai atau homey.

  3. Sofa bergaya pedesaan (country)

    Sofa jenis ini cocok ditaruh di ruangan yang bergaya country atau pedesaan. Desainnya dibuat sangat kasual, seperti misalnya memakai kain bermotif kotak-kotak. Sofa country cocok diletakkan di ruangan dengan nuansa semi formal, seperti misalnya di ruang tamu vila, penginapan, atau tempat-tempat santai lainnya.

  • Sofa Set Berbentuk Minimalis

sofa-set-berbentuk-minimalis

Modelnya yang simpel dan praktis, membuat sofa jenis ini memiliki banyak penggemar di kalangan pasangan muda. Desain sederhananya, biasanya dipadukan dengan bahan dan warna yang tidak mencolok mata.

Jika diperhatikan lebih lanjut, sofa ini memiliki ciri khas berupa garis lurus yang tegas tanpa banyak lekuk, sehingga terkesan datar. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menambahkan aksesori lain, seperti menyampirkan selendang berwarna cerah, atau bantal-bantal lucu dengan desain menarik. Dengan begitu ruangan Anda bisa terasa nyaman dan lebih ceria.

Sofa set minimalis cocok ditaruh di ruangan yang tidak terlalu besar. Sofa ini dapat dipergunakan oleh satu-tiga orang, paling banyak empat orang.

  • Sofa Chaise

sofa-chaise

Sofa jenis ini memiliki bentuk yang unik dan mudah dikenali. Desainnya cukup menonjol, karena ukurannya dibuat tidak sama. Biasanya bagian pinggir kiri dan tengah sofa berukuran lebih pendek, atau bagian paling kanan sofa terlihat lebih panjang.

Jika dilihat sepintas, sofa ini mungkin terlihat asal-asalan. Padahal hal tersebut sengaja didesain agar yang menduduki pinggir kanan sofa dapat berselonjor kaki dengan nyaman.

  • Sofa Recliner

sofa-recliner

Nah, sofa jenis ini paling cocok untuk ditempatkan di ruang keluarga—atau jika ada ruangan home theater.  Didesain dengan bentuk yang ergonomis, sofa ini sangat nyaman dan bisa diatur ketinggiannya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur sudut sandaran dan ketinggian kaki sofa.

Berbanding lurus dengan kenyamanan yang diperoleh, harga sofa ini cenderung mahal karena memakai bahan pelapis kulit, seperti yang dipakai di kursi mobil mewah.

  • Sofa Sectional

sofa-sectional

Jenis sofa lain yang bisa ditempatkan di ruang keluarga adalah sofa sectional. Karena bentuknya dapat diubah dan dipindah-pindah, sofa ini bisa ditempatkan di ruangan berukuran besar maupun kecil.

Desain dasar sofa ini biasanya berbentuk seperti huruf L. Dengan penempatannya yang fleksibel, Anda bisa membaca buku, menonton televisi, atau bercengkerama dengan anggota keluarga di sofa ini.

  • Sofa Sleeper

sofa-sleeper

Seperti namanya, sofa jenis ini memiliki dua fungsi yaitu untuk duduk dan berbaring telentang. Layaknya tempat tidur, sofa ini pun sangat nyaman untuk digunakan. Anda dapat menempatkan sofa sleeper di ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang tamu apartemen untuk menampung tamu, yang barangkali tertarik untuk menginap.

Selain berdasarkan bentuk dan fungsinya, kita juga bisa membedakan sofa berdasarkan bahan pelapis kursinya. Ada beberapa jenis bahan yang kerap digunakan sebagai bahan pelapis sofa, di antaranya, kulit, katun, polyester, kain rayon atau viscose, kain aklirik, kain nilon, linen, dan kain chenille.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *