Macam Material Atap Carport

Macam Material Atap Carport – Saat ini banyak orang yang menggunakan carport pada halaman rumah depan mereka. Selain biayanya lebih murah, carport pun juga bisa dibangun di lahan yang sempadan dengan bangunan. Kemudian atap carport pun juga terdiri dari beberapa macam. Apa saja ya kira-kira? Mari simak saja yuk!

Fungsi Carport

Fungsi utama dari carport adalah sebagai pelindung bagi parkir kendaraan di rumah. Lantainya perlu dibuat lebih keras karena harus menanggung beban kendaraan yang cukup besar. Selain itu yang paling penting, atap carport juga harus mampu melindungi kendaraan dari terik matahari dan guyuran hujan.

Ada beragam pilihan material untuk atap carport. Mulai dari yang paling terjangkau hingga material berkualitas premium, dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang perlu diperhatikan adalah, material-material yang Anda pilih harus sesuai dengan konsep fasad rumah sehingga carport tidak terlihat seperti struktur tempelan saja.

Macam Material Atap

  • Polikarbonat

Di antara semua pilihan material atap, polikarbonat merupakan material atap carport yang paling populer. Material atap transparan ini selain harganya cukup terjangkau, juga dikenal tangguh menghadapi serangan cuaca. Kelebihan utama dari material ini adalah mampu menahan panas tanpa menghalangi cahaya masuk.

Beberapa jenis polikarbonat bahkan mampu mereduksi panas matahari hingga 90%. Pemasangan atap yang mendatar juga cocok untuk tampilan rumah minimalis. Walaupun atap ini dipasang mendatar, polikarbonat mampu menahan derasnya guyuran hujan. Kekurangannya adalah material ini cepat kotor sehingga perlu dibersihkan secara berkala.

  • Vinyl

Atap vinyl termasuk material yang memiliki bobot yang ringan. Atap bergelombang transparan ini sangat mudah dipasang sehingga pengerjaannya dapat dilakukan dalam waktu singkat. Harganya pun tergolong lebih murah dibandingkan material lain, sehingga dapat menjadi pilihan ekonomis untuk membangun carport rumah. Dari perawatan, atap ini juga gampang dibersihkan. Sayangnya material atap ini tidak mampu menahan terik panas matahari sehingga bagian bawah carport akan cepat panas.

  • Fiberglass

Atap transparan lain yang dapat menjadi pilihan atap carport Anda adalah fiberglass. Atap fiberglass dikenal sebagai material atap carport yang harganya paling murah. Namun atap ini kurang nyaman digunakan pada tempat yang banyak mendapat cahaya matahari karena terlalu panas dan silau.

  • Kaca

Material atap transparan yang tergolong premium adalah kaca. Harganya cukup mahal dan pemasangannya butuh keahlian khusus. Namun tampilan yang Anda dapatkan akan menjadi sangat indah sehingga membuat hunian terlihat mewah. Biasanya kaca yang dipakai sebagai atap carport memiliki dilapisi dengan film untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk.

  • Genteng

Material genteng banyak dipilih sebagai atap carport terutama pada daerah-daerah dengan cuaca relatif panas. Tampilannya yang tradisional juga membuat carport terlihat eksotis. Karena sifatnya yang kedap cahaya, maka beberapa posisi dipasang dengan genteng kaca.

  • Dak Beton

Rumah minimalis banyak yang menggunakan atap dak beton untuk carport. Strukturnya yang kokoh dan solid membuat atap ini awet dan tahan lama. Tampilannya serasi dengan hunian minimalis dengan garis-garis geometris yang tegas. Biaya pembuatannya cukup mahal namun sepadan dengan kekokohan yang didapat.

 

WhatsApp chat