Manfaat Pondasi Rumah

Arsitek Malang – Pernahkah Anda melihat rumah yang baru dibangun. Setelah beberapa tahun sudah mengalami keretakan pada dindingnya, padahal kontruksinya kuat. Sayangnya setelah ditelusuri, tanah yang dipakai untuk membangun bangunan tersebut adalah tanah bekas sawah/pertanian. Secara struktural tanah tersebut empuk dan belum stabil. Sedangkan pondasi yang di gunakan adalah pondasi rumah biasa. Ini merupakan salah konsep dasar dalam membuat pondasi rumah. Langsung saja simak ulasan kami berikut ini:

  • Menguatkan dan Mempertahankan Masa Bangunan

Anda pernah melihat bangunan kuno yang masih ada sampai sekarang? Mengapa masih bisa berdiri sampai sekarang dengan megah? Hal ini di sebabkan karena pondasi yang kuat untuk membantu bangunan tersebut berdiri dengan megah. Salah satu item yang dapat dijadikan bahan untuk pertahanan sebuah bangunan adalah semen. Manfaat semen yang dapat menahan bangunan selama puluhan tahun tentunya dengan kualitas semen yang cukup baik, sehingga rumah akan tetap kokoh meski terkena panas maupun air hujan.

  • Komponen Utama Sebuah Bangunan

Pondasi yang ada dari sebuah rumah merupakan suatu komponen struktural utama sebuah bangunan. Jika anda membangun pondasi yang jelek dan buruk, bahkan tidak kuat maka masa bangunan juga tidak akan lama. Apalagi jika sampai perhitungan matematisnya salah. Bisa jadi ketika di gunakan, bangunan tersebut malah runtuh ke tanah.

  • Tameng Untuk Mencegah Pergeseran

Dalam struktural bangunan, tentu saja terjadi pergeseran adalah hal yang sangat mudah dan rawan terjadi. Bagaimana jika kondisi ini terjadi? Sangat berbahaya. Bahkan jika pondasi yang di bangun tidak kuat. Bisa saja bangunan ambruk. Untuk itu bangunlah pondasi yang kuat sehingga kejadian ini bisa di hindari.

  • Penahan Jika Terjadi Penyesuaian Bentuk Tanah

Tanah merupakan keadaan alam yang bisa berubah ubah kondisi, struktur, dan keadaanya. Hal ini semuanya terjadi atas adanya gaya dari pusat bumi. Bisa saja tahun ini tanah akan menyusut. Namun bisa jadi bertahun tahun kemudian terjadi pergeseran permukaan tanah yang menyebabkan struktur tanahnya menjadi menggembung. Semuanya hanya pasrah dengan kondisi alam.

  • Tameng Atas Gangguan Unsur Kimiawi

Pondasi rumah adalah bagian paling pertama ketika terjadi perubahan alam. Letaknya yang paling ujung serta dekat dengan permukaan tanah menjadi alasan sebagai penahan atau tameng ketika terjadi perubahan unsure kimiawi. Anda bisa mengenal unsure tersebut dengan zat organik dan anorganik.

  • Membantu Menahan Pergerakan Air

Apakah anda bisa memastikan bahwa kota tempat anda tinggal tidak akan terjadi banjir? Kejadian alam merupakan suatu hal yang tidak bisa di ramalkan. Oleh sebab itulah mengapa anda harus membangun pondasi rumah yang sekaligus bisa menjadi penahan air. Sifat air, apalagi yang asam sangat tidak baik jika mengenai besi.

Pertemuan di antaranya akan menyebabkan perkaratan karena masa besi lebih negative dari pada air. Padahal jika besi berkarat, maka kekuatannya akan berkurang dan lama lama akan terjadi pengeroposan. Hal ini sangat berbahaya bagi kehidupan pondasi dan bangunan rumah anda.

Nah diatas adalah ulasan mengenai manfaat pondasi rumah. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat πŸ™‚

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp :Β (0274) 501 7127 | WA :Β 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat