Manfaat Rumah Kayu

Manfaat Rumah Kayu – Batu bata dan batako merupakan bahan utama membangun rumah, namun kayu juga dipercaya bisa menggantikan peran batu bata dan batako. Memang dahulu rumah kayu identik dengan rumah kuno dan ketinggalan jaman, kini rumah kayu malah menjadi tren. Rumah kayu juga memberikan kesan klasik, elegan serta keren. Selain itu, rumah kayu ternyata memiliki manfaat tersembunyi lho! Kira-kira apa saja ya? Mari simak saja yuk!

lithouse.eu

  1. Rumah kayu bernilai seni dan artistik

Rumah kayu dipandang mampu mengedepankan nilai artistik yang klasik dan alami dibanding rumah biasa. Hal ini karena kayu mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain, seperti warna alami yang hanya dimiliki kayu.

Salah satu poin yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan jenis kayu, kayu yang bagus akan menampilkan motif yang memiliki corak khusus. Selain itu, untuk kamu yang berjiwa seni tinggi, kamu bisa melakukan dekor pada rumah kayumu dengan pahatan serta ukiran.

  1. Rumah kayu memberi nuansa alami dan sejuk

Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Artinya, dengan membangun rumah kayu kamu bisa menghemat energi dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan rumah batu bata atau beton.

Tak perlu repot-repot menyalakan pendingin atau pemanas ruangan dalam jangka waktu yang lama. Kelebihan lainnya adalah karena desain kayu yang lebih tipis dan kokoh, serta adanya pori-pori antar kayu, membuat sirkulasi udara rumah kayu lebih bagus daripada rumah biasa dan memberi kesan sejuk bagi penghuninya.

  1. Memberi tampilan yang berbeda

Semakin rumit desain dan keunikan jenis kayu yang kamu pakai untuk membangun rumah kayu, maka semakin tinggi pula nilai seni yang di dapat dari rumah tersebut. Bereksperimen dengan desain unik yang berbeda dari yang sudah ada tidak ada salahnya lho.

Tapi jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Dibangun dengan desain dan penataan furniture yang tepat, rumah kayu akan menjadi sesuatu yang unik dan memberi tampilan yang berbeda yang tidak dapat ditemukan di rumah lain.

 

  1. Penyerap suara yang baik

Untuk kamu yang nggak suka keramaian, atau jenuh dengan hingar bingar suasana kota bisa mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu. Pasalnya, sebagaimana diketahui, kayu juga merupakan penyerap suara yang sangat baik. Nah, dalam rumah kayu nantinya bisa kamu manfaatkan sebagai studio musik atau juga home theater.

telegram.hr

  1. Sebagai Investasi

Terdengar kuno, tapi rumah kayu juga bisa dijadikan sarana investasi lho. Sebuah rumah dengan desain yang unik dan menarik akan menaikkan harga rumah tersebut. Karena alasan tersebut, maka rumah kayu juga dapat difungsikan sebagai investasi jangka panjang.

Apalagi saat ini banyak restoran yang menawarkan konsep alam dengan bangunan rumah kayu. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa rumah kayu mempunyai nilai investasi yang sepadan dari rumah biasa.

  1. Rumah kayu ringan dan hemat biaya

Kelebihan lainnya dari rumah kayu adalah ringan dan hemat biaya. Tak bisa dipungkiri, beberapa kayu yang memiliki kualitas bagus memang harganya cukup mahal. Eits, jangan berkecil hati dulu, karena masih banyak pula jenis kayu lainnya yang harganya lebih murah tapi tidak kalah kokoh.

Tipsnya adalah, jika budgetmu terbatas kamu bisa menggunakan jenis kayu yang murah tapi tetap berkualitas, seperti kayu balok, kayu kaso, dan kayu galar. Harga kayu jenis tersebut jauh lebih murah daripada kayu jati.

xianna.net

  1. Rumah kayu kokoh dan tahan gempa

Kelebihan lain yang tak kalah penting dari rumah kayu adalah memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa. Jika rumah biasa umumnya akan muncul retakan atau bahkan roboh saat gempa terjadi, tidak demikian dengan rumah kayu. Hal ini karena sifat kayu yang elastis membuat rumah kayu mampu bertahan lebih lama jika terjadi gempa. Sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia yang rawan gempa kan!

  1. Pembangunan lebih cepat

Jika dibandingkan dengan rumah biasa, proses pembangunan rumah kayu membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih cepat lho. Kayu memiliki kemampuan untuk membawa berbagai solusi arsitektural. Fakta bahwa rumah kayu saat ini sedang menjadi tren lagi, akhirnya memunculkan banyaknya pengusaha kontraktor yang menawarkan rumah kayu dengan sistem knock down atau bongkar pasang, sehingga pembuatan bisa dilakukan di pabrik yang kemudian dapat dirangkai di lokasi pembangunan rumah dalam waktu beberapa hari saja. Cukup efisien bukan?

assets.inhabitat.com

  1. Kemampuan menyesuaikan dengan lingkungan

Rumah kayu juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan mana pun lho. Hal ini karena sifat tekstur kayu yang merupakan garis-garis alam dari pepohonan. Seperti misalnya, jika tinggal di daerah pegunungan, kamu bisa menggunakan material kayu untuk bagian pondasi. Jika tinggal di daerah kota, kamu bisa menggunakan material kayu untuk bagian dinding, furniture, atau hanya pada lantai.

  1. Bisa didaur ulang

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa didaur ulang sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang lain. Jadi jika nantinya kamu ingin merenovasi rumah kayu, kayu bekasnya masih bisa kamu olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika. Seperti misalnya dialihfungsikan sebagai furnitur atau dijual kepada penampung barang bekas.

Untuk memiliki rumah kayu yang cantik dan awet, kamu bisa menggunakan kayu jati. Kayu jenis ini termasuk kayu yang awet dan kuat, karena memiliki ketahanan yang bagus terhadap jamur dan rayap. Kayu jati juga mudah didapatkan. Selain kayu jati, kayu kamper juga bisa kamu gunakan. Pemakaian kayu ini sudah umum digunakan untuk pembangunan rumah kayu di Indonesia. Kayu ini terkenal sangat kuat dan awet dengan tekstur yang cukup halus.

 

WhatsApp chat