MANFAATKAN LOTENG MENJADI RUANG BELAJAR

Jasa Arsitek – Loteng menjadi salah satu ruangan yang jarang dikunjungi penghuni rumah, kita bisa menjadikannya ruang belajar. Dengan ruang belajar yang berada di loteng, suasana yang terbangun akan lebih sepi sehingga nyaman untuk belajar. Saat belajar, kalian juga membutuhkan ruangan yang private agar materi yang di pelajari mudah masuk.

Jika di rumahmu terdapat loteng yang tidak terpakai, jangan dibiarkan begitu saja. Sulap loteng yang berdebu tadi menjadi ruang belajar yang nyaman dan tenang. Berikut beberapa inspirasinya.

Kayu Terang

Loteng memang jarang dibangun pada rumah-rumah di Indonesia. Segelintir orang memilikinya namun biasanya hanya digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang. Dengan menggunakan loteng sebagai area belajar, maka Anda dapat memiliki keleluasaan yang lebih di ruangan bagian bawah.

Putih Minimalis

Warna putih tidak pernah gagal memberikan kesan lapang pada suatu ruangan. Maka itu, jika loteng Anda ukurannya tidak begitu luas, jangan segan untuk mengaplikasikan warna ini baik di dindingperabot, dan juga dekorasi-dekorasi lainnya.

Supaya ruangan lebih terkesan hangat namun juga dinamis, Anda hanya perlu memboyong dekorasi-dekorasi seperti foto keluarga, vas bunga, bantal-bantal kecil, dan pajangan lainnya. Jangan lupa, tambahkan pula ruangan tersebut dengan karpet sehingga lantai akan tetap hangat.

Mungil Alami

Ukuran rumah yang mungil namun kebutuhan ruangan yang tinggi bisa diatasi dengan penambahan ruangan di loteng. Area loteng ini pun dapat dibagi-bagi lagi, misalnya sebagai ruang belajar dan juga sebagai gudang atau tempat lainnya. Agar ruang belajar tidak mudah kotor dan tidak dihinggapi hewan-hewan, pisahkan ruangan tersebut dengan dinding dan pintu. Anda juga tetap harus memerhatikan saluran udara dan matahari pada ruang belajar mungil tersebut agar suasana tidak pengap dan tetap terasa alami.

Setengah Terbuka

Ruang belajar yang dibuat di dalam loteng tidak harus selalu berdesain tertutup agar terasa lebih privat. Anda juga bisa mendesainnya setengah terbuka seperti gambar di atas ini agar udara serta cahaya dapat masuk lebih maksimal dengan memberikan Anda kesegaran.

Dinding Rak Buku

Letak loteng yang berada di paling atas bagian rumah kadang membuat orang malas mendatanganginya. Maka itu gunakanlah ruangan ini sebagai ruangan privat Anda untuk fokus belajar atau membaca buku-buku bergenre serius.  Agar aktivitas Anda terasa lebih nyaman, desainlah ruangan tersebut dengan warna-warna menenangkan dan hangat.

Nah, tadi sudah diberikan 5 inspirasi ruang belajar di loteng. Mana favoritemu? Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat