Mari Kenali Fasad Rumah

Mari Kenali Fasad Rumah – Sebelum mengulas lebih jauh tentang fasad, kenali terlebih dahulu apakah fasad itu. Fasad merupakan kata yang berasal dari bahasa Prancis yaitu façade yang merupakan suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Kata ini berasal dari bahasa Prancis, yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”. Dalam arsitektur, fasad bangunan adalah suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain, karena memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya.

Jadi tak heran kalau kebanyakan bangunan yang sifatnya komersial seperti bangunan hotel, condotel, apartemen serta gedung perkantoran, menganggap fasad bangunan menjadi satu faktor yang sangat penting dan memegang pengaruh besar pada nilai bangunan tersebut. Karenanya, tak heran jika beberapa gedung hotel, perkantoran, condotel, apartemen serta mall pun memiliki ciri khas tersendiri dari bangunan tersebut. Yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut memiliki nilai unik yang belum tentu dimiliki oleh bangunan lainnya.

Yang mana dalam pembuatan fasad dari sebuah bangunan, tantangan dalam mendesain fasad bukan hanya terletak pada keindahan, kecantikan, kemewahan serta keunikannya saja. Tapi juga dari segi kualitas material fasad dan finishingnya. Karenanya, pengerjaan fasad rumah harus memperhatikan beberapa hal ini.

  • Bagian fasad atau dinding luar bangunan tak boleh rembes jika terkena air hujan. Oleh karena itu, pemilihan material fasad harus memperhatikan faktor ini untuk menghindari rembesan yang tidak diinginkan.
  • Dinding fasad yang menggunakan material plester aci finishing cat saja akan menimbulkan gelombang-gelombang pada permukaannya jika tidak mahir, karena pembuatan permukaan fasad yang merata dan sempurna merupakan hal yang cukup susah dan mustahil. Sehingga membutuhkan proses pengerjaan yang sangat rumit dan susah.
  • Untuk menyiasati gelombang pada permukaan fasad yang tidak merata, dinding panel bisa disiasati dengan menggunakan GRC board, ACP (Aluminium Composite Panel) dan lainnya.
  • Penggunaan material GRC board harus menggunakan tali air yang cukup karena tanpa tali air, fasad bangunan akan mudah retak seiring berjalannya waktu.

 

WhatsApp chat