Marmer dan Granit

Arsitek Malang – Bangunan atau rumah yang menggunakan granit dan marmer akan selalu terkesan berkilau, mewah dan elegan. Nah, biasanya kedua batu ini digunakan pada bangunan apartemen, hotel atau mall. Jika dilihat-lihat sekilas batu ini akan terlihat sama, orang yang awam akan susah membedakannya. Simak yuk pembahasan kami mengenai perbedaannya dibawah ini.

Pengertian Marmer dan Granit

  1. Marmer

Biasa juga disebut dengan batu pualam merupakan suatau batu kristalin kasar yang berasal dari batu dolomit atau batu gamping. Warna marmer murni adalah putih, karena penyusun utama adalah mineral kalsit.

  1. Granit

Granit merupakan batuan beku sejenis batuan felsik, intrusif, igneus yang pada umumnya banyak ditemukan. Granit terbentuk dari pendinginan magma cair. Memiliki kepadatan sekitar 2,75 gr/cm kibik dan jangkauan sekitar 1,75 dan 2.80. Granit memiliki warna dengan aksen bintik – bintik yang muncul akibat beberapa zat seperti kuarsa, feldspar, biotit, amphibole, dan mica yang menyatu dengan batu.

Perbedaan Marmer dan Granit

Marmer

Granit

Daya tahan

Kurang tahan lama. Karena memiliki pori-pori yang lebih besar dan mudah kusam. Tahan lama. Karena pori-porinya lebih sedikit, jadi granit tahan lama dan tidak mudah kusam.

Tahan gores

Mudah tergores dan mudah patah/retak.

Mudah kehilangan kilauan jika terkena bahan kimia, kopi, minyak, dll.

 

Umumnya anti gores, kokoh dan awet.

Tahan air

Mampu menyerap air karena karakteristik dari batu yang dimilikinya. Jika terkena basah akan mudah kusam dan patah. Tahan air, hal itu dikarenakan bahannya yang keras dan memiliki pori-pori yang sedikit.

Tahan panas

Tahan panas Tahan panas

Tahan asam

Tidak tahan asam Tahan asam

Rusak oleh cairan pembersih

Kemungkinan rusak,tergantung bahan pada cairan pembersih tersebut. Kemungkinan rusak,tergantung bahan pada cairan pembersih tersebut.

Corak

Corak marmer terbentuk dari berbagai kotoran yang menempel saat proses kristalisasi. Corak marmer ditentukan oleh alur urat yang dimilikinya. Motifnya beragam. Corak granit dipengaruhi oleh prosentase mineral (kuarsa,felsdar, mika, dll) yang terkandung di dalamnya. Motif granit hampir seragam sehingga mudah diaplikasikan dalam berbagai posisi.

Warna

Warna marmer masih murni yaitu berwarna putih. Granit memiliki warna dengan aksen bintik – bintik yang muncul akibat beberapa zat seperti kuarsa, feldspar, biotit, amphibole, dan mica yang menyatu dengan batu.

Dapat digunakan pada luar ruangan

Harus dengan sealant yang tepat Dapat digunakan di luar ruangan.

Harga

Sekitar 4 – 15 juta per meter persegi, sudah termasuk biaya instalasi (tergantung pada pemilihan warna dan penampilannya) Sekitar 4 – 15 juta per meter persegi, sudah termasuk biaya instalasi (tergantung pada pemilihan warna dan penampilannya)

Aplikasi

Penutup lantai, dinding Meja dapur, kamar mandi, lantai, dinding

Perawatan

Tidak mudah. Namun cukup dengan bersihkan tumpahan dengan segera dan lakukan reseal setiap 2 tahun sekali Mudah. Bersihkan tumpahan dengan segera dan lakukan reseal setiap 2 tahun sekali. Granit lebih berwarna ringan serta lebih berpori sehingga dibutuhkan perawatan-perawatan tambahan

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat