Material Pada Bathtub

Material Pada Bathtub – Dari sekian banyaknya model bathtub pasti terdiri dari berbagai jenis material. Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang jenis jenis bathtub, mari kita mengenal lebih jauh material pada bathtub. Apa saja ya? Nah, berikut ini akan kami jelaskan.

Porcelain-enameled steel

Bathtub yang terbuat dari perpaduan porselen dan besi merupakan pilihan favorit banyak orang. Selain pas untuk semua desain kamar mandi, material ini pun harganya relatif murah. Tipe bathtub ini cenderung lebih berat dari bahan akrilik atau fiberglass, tapi tetap lebih ringan jika dibandingkan dengan bathtub kuno berbahan logam.

Namun, permukaan bathtub dengan material ini agak rapuh terhadap benturan. Daya hantar panasnya pun tidak terlalu lama, sehingga kurang cocok bagi Anda yang gemar berendam di air hangat. Pilihan warna dan bentuknya pun tidak terlalu banyak.

Akrilik

Jika Anda mencari bathtub yang serbaguna, tahan lama, dan harganya terjangkau, material akrilik berkualitas bisa jadi solusinya. Bathtub berbahan akrilik biasanya sering dipadukan dengan fiberglass. Bobot bathtub akrilik pun tentunya sangat ringan sehingga mudah untuk dipasang. Sayangnya, permukaan bathtub akrilik sering mudah tergores jika dibersihkan dengan pembersih berbahan keras. Harganya pun sedikit lebih mahal dari bathtub fiberglass.

Fiberglass

Material fiberglass dikenal ringan dan memiliki harga yang terjangkau. Meski menjadi material yang paling banyak diandalkan, fiberglass ternyata mudah tergores dan rapuh terhadap benturan. Ketahanannya pun hanya berlangsung sekitar 10 tahun. Masalah daya tahan material tentunya sangat bergantung pada pemakaian dan perawatan. Solusinya, pilihlah bathtub fiberglass yang dikombinasikan dengan akrilik agar lebih tahan lama.

Enamel-coated cast iron

Material yang terkenal dengan gaya klasiknya ini paling tahan lama dan tentunya lebih berat dari material lainnya. Bathtub dengan material ini sangat cocok dipasang di kamar mandi dengan desain mewah dan modern. Karena bobotnya yang terlalu berat, Anda tidak dianjurkan untuk membuat bathtub berbahan logam ini dalam ukuran besar, apalagi jika dipasang di lantai dua. Bobot logam yang berat sangat berpotensi merusak permukaan dasar kamar mandi.

Cast polymer

Perpaduan resin dan bebatuan mineral pada bathtub sangat pas untuk kamar mandi dengan desain bernuansa alam. Bathtub dengan material ini juga sangat mudah untuk dibersihkan karena sifatnya yang antinoda serta tahan terhadap goresan. Namun, bathtub dengan material cast polymer ini sangat rawan terhadap benturan.

WhatsApp chat