MEMANFAATKAN LAHAN BELAKANG RUMAH

Arsitek Malang – Lahan belakang rumah biasanya sering kosong dan tidak terawat, tetapi jika kita memanfaatkannya dengan baik maka halaman belakang rumah akan menjadi ruang yang indah dan menyenangkan.

Lahan belakang rumah yang kosong bisa kita kreasikan dengan sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman dan asik. Dengan mengatur tata letak dan menambahkan beberapa furniture yang menarik, sulap lahan kosong di belakang rumah menjadi menakjubkan.

Berikut beberapa ide yang bisa diterapkan di rumah untuk memanfaatkan lahan kosong belakang rumah yang sering diabaikan.

1. Taman Belakang Rumah dengan Banyak Tumbuhan

Taman merupakan elemen pelengkap rumah yang dapat memberikan kesan rumah yang alami, sejuk, serta membantu menjaga kualitas udara di rumah. Hal terpenting dalam membuat taman belakang rumah adalah menyediakan sedikit lahan kosong untuk menjadi tempat bersantai, sekaligus menyalurkan hobimu. Jangan lupa untuk memadukan beberapa jenis bunga, tanaman hijau, dan rumput agar terlihat lebih cantik.

2. Patio untuk Bersantai

Kata patio sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang bisa diterjemahkan sebagai halaman belakang. Jika kamu memiliki halaman belakang yang sedikit lega, buat saja sebuah patio yang akan membuat rumah tampak menarik. Kamu bisa menambahkan beberapa kursi serta meja yang bisa diselaraskan dengan desain rumah. Sambut para tamu atau membuat pertemuan yang santai di patio tersebut.

3. Gazebo Mini

Gazebo sendiri adalah sebuah bangunan yang biasanya ada di taman dan memiliki sisi terbuka dan tidak memiliki dinding. Sekilas bangunan gazebo mirip saung yang lebih modern. Di dalam sisi yang terbuka tadi, kamu bisa duduk bersantai di sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar taman belakang rumah tanpa terhalang penutup. Jangan lupa tambahkan gazebo dengan atap agar tidak tampias saat hujan datang, ya.

4. Menggantungkan Hammock di Pohon

Hammock atau sebuah tempat tidur bisa melengkapi hari-hari bersantai di halaman belakang rumah. Apalagi jika di halaman belakang terdapat pohon-pohon besar yang kokoh. Ada beberapa pilihan hammock yang tersedia dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari hammock untuk sendiri sampai yang bisa menampung banyak orang dengan menahan berat lebih dari 1.000 pon.

5. Tempat Membaca yang Asyik

Ya, manfaatkan halaman belakang rumah untuk membuat tempat membaca favorit. Kamu bisa menambahkan kursi yang nyaman untuk membaca. Habiskan waktu lebih banyak dengan membaca buku, yuk!

6. Tempat Bermain Anak

Ajak anak-anak untuk menghabiskan waktu di luar dan bermain bersama. Semisalnya kamu tidak memiliki halaman belakang yang tidak begitu besar, beli saja seperangkat permainan yang multifungsi. Misalnya ada satu perangkat yang memiliki tiga sampai empat permainan yang seru.

7. Buat Ayunan

Bila kamu sudah memiliki sebuah taman di halaman belakang, tidak ada salahnya untuk menambahkan sebuah ayaunan di sana. Saat ini pun ada banyak jenis ayunan, mulai dari ayunan khusus anak-anak, orang dewasa, sampai kursi panjang yang digantung. Lalu jika kamu memiliki budget yang terbatas, manfaatkan saja ban bekas yang besar dan tali yang kuat. Setelah itu gantungkan ban tersebut pada pohon yang kokoh.

8. Area Berkemah

Ciptakan suasana yang lebih akrab antara keluarga serta tumbuhkan rasa cinta pada lingkungan pada anak-anak. Kamu hanya perlu satu set tenda dalam ukuran besar serta kasur lipat. Selain itu, kamu pun bisa membuat sebuah permainan yang menarik untuk buah hati atau menceritakan seputar pengalaman-pengalaman yang pernah dialami. Supaya berkemah nanti tidak membosankan, bawalah alat musik dan mainkan saat api unggun.

9. Pasang Layar Protektor

Ingin menonton film kesukaan bersama keluarga, tapi tidak memiliki home theater sendiri? Tenang, kamu bisa membawa sendiri bioskop ke taman belakang rumah dengan layar proyektor yang dimiliki. Dirimu pun bisa mengundang keluarga serta orang terdekat untuk menonton film bersama. Tidak lupa siapkan kursi untuk bersantai dan camilan untuk menikmati pertunjukkan.

10. Kolam Renang

Daripada berenang di kolam renang umum yang belum bisa dijamin kebersihannya, kamu pun bisa membuat kolam renang di taman belakang rumah Apalagi memiliki kolam renang bisa menambah nilai prestisius pada rumahmu. Halaman belakang pun bisa terlihat mewah dan atraktif. Tidak perlu besar, beberapa desain kolam renang yang sederhana pun bisa memberikan kesan tersendiri bagi rumah.

WhatsApp chat