Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga – Kebanyakan orang memakai ruang kosong bawah tangga sebagai gudang yang tidak jelas, seperti tumpukan dus berisi buku, mainan usang dan barang bekas lainnya. Padahal ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan lebih optimal.

Apalagi bagi anda yang memiliki lahan yang terbatas, ruang bawah tangga adalah pilihan yang cocok. Kira-kira apa manfaat lain dari ruang bawah tangga ini, simak yuk ulasan kami berikut ini!

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Alangkah baik jika penghuni memanfaatkan ruang bawah tangga dengan maksimal. Selain menjaga estetika, ruang juga memiliki fungsi khusus. Antara lain:

  1. Memperluas Ruang

Memanfaatkan ruang bawah tangga akan memperluas ruang dalam rumah. Hal ini disebabkan ada satu ruang tambahan yang dapat dijadikan sebagai pengalihan menjadi fungsi lain. Ruang bawah tangga dapat difungsikan menjadi berbagai kebutuhan, seperti ruang bermusik, taman kecil, atau ruang lain bergantung kreativitas penghuni. Selain itu, ruang lain yang berukuran lebih besar dapat meminimalkan penggunaan perabot atau beralih menjadi satu fungsi jika sebelumnya dwifungsi.

  1. Optimalisasi Ruang

Sejauh ini penggunaan ruang bawah tangga umumnya digunakan sebagai lemari built ini. Hal ini sudah umum dilakukan khususnya di luar negeri. Alasannya, posisi atau bentukan miring dengan plafon rendah dan sempit lebih cocok untuk lemari jenis ini. ltu tidak masalah karena kebutuhan penyimpanan kian hari kian bertambah. Namun, jika disadari pemanfaatan ruang ini harus direncanakan lebih awal agar desainnya lebih optimal. Selain ruang termanfaatkan, tangga dapat dimodifikasi dengan penyimpanan rahasia pada anak tangganya atau menjadi akuarium pasir.

  1. Penyesuaian Manfaat Ruang Dengan Jenis Tangga

Hampir semua jenis tangga dapat dimanfaatkan di bawahnya, tetapi tidak semua jenis dapat digunakan di hunian. Tangga berfungsi sebagai penghubung antar lantai. Dengan cara tertentu tangga juga dapat berfungsi lain. Untuk itu, pemilihan jenis tangga tidak harus pada kemegahan pilar atau desain undak-undak. Desainnya harus efektif agar fungsi lain yang diinginkan dapat terpenuhi. Aturlah ketinggian tangga, agar penghuni dapat berdiri dengan leluasa di bawah tangga.

  1. Ketepatan Pemanfaatan Ruang

Umumnya penghuni rumah ingin ruang bawah tangganya menjadi tempat penyimpanan aneka barang tak terpakai. Padahal, jika ingin sesuatu yang berbeda dan berfungsi dengan baik ruang bawah tangga dapat lebih dari sekedar sebagai barang usang. Ruang apapun dapat diaplikasikan asal sesuai dengan konsep dan kebutuhan penghuni. Yang perlu diperhatikan hanya keseimbangan tata ruang yang digunakan.

Apa yang perlu diperhatikan ketika akan memanfaat ruang bawah tangga ini? Simak juga tips dibawah ini

Tips memanfaatkan ruang bawah tangga

  1. Perhatikan kebutuhan rumah
  2. Perhatikan lokasi tangga. Selaraskan antara fungsi ruang bawah tangga dengan posisi tangga, misalnya:
  • apakah taman dalam ruang dengan kolam ikan akan cocok jika tangga bersebelahan dengan kamar?
  • bentuk lemari apa yang cocok diletakkan di ruang bawah tangga?
  • apakah penutupnya menggunakan tirai, kayu atau cermin, agar berkesan luas?
  • apakah ruang bawah tangga dapat ditempatkan rak buku jika lokasi berdekatan dengan kamar mandi?
  1. Jika ruang di bawah tangga sempit, jangan ragu berkreasi. Ada beragam ide untuk diaplikasikan di ruang tersebut. Cermati bagian lain di rumah yang tampak kurang rapi pengorganisasiannya, misalnya rak-rak buku sudah terisi penuh dengan buku dan tidak memungkinkan untuk diisi buku lagi, ruang bawah tangga dapa difungsikan sebagai ruang tambahan.
  2. Perhatikan pencahayaan pada ruang bawah tangga, agar nyaman saat beraktivitas.
  3. Selaraskan bahan yang digunakan dengan bahan konstruksi tangga.
  4. Pengaplikasian cat dan ornamen yang tepat mampu membangun kesan leluasa.
  5. Pemberian warna catsenada, pencahayaan cukup, dan pemilihan perabot dapat menciptakan keselarasan ruang bawah tangga.

 

WhatsApp chat