Membasmi Rayap Dengan Mudah

Membasmi Rayap Dengan Mudah

Arsitek MalangRayap adalah serangga yang hidup berkoloni dan sangat suka kelembaban. Sering dikenal sebagai hama perusak kayu. Spesies ini sudah hidup sejak 200 juta tahun silam sehingga termasuk binatang purba.

Ketika furniture kayu atau bahkan bangunan di rumah anda terserang rayap maka akan bangunan atau furniture akan cepat rusak. Sehingga akan menimbulkan kerugian secara finansial bagi anda. Bayangkan jika konstruksi rumah anda rusak maka rumah anda bisa roboh. Selain itu kerugian juga akan didapatkan apabila furniture yang sudah anda beli dengan harga mahal ternyata dimakan rayap maka kerugian secara finansial akan anda dapatkan.

Kenali keberadaan rayap di rumah anda:

  1. Kenali Jenis Kayu

Rayap akan cepat muncul tergantung dengan jenis kayunya. Bahkan untuk jenis kayu jati muda juga sering dimakan oleh rayap. Ketahuilah jenis-jenis kayu apa saja yang sering  dimakan oleh rayap. Salah satunya adalah jenis kayu lunak seperti pinus, mahoni, sonokeling dan juga jati belanda. Maka Anda harus lebih waspada apabila Anda menggunakan jenis kayu ini untuk furniture.

  1. Muncul Serbuk Kayu

Rayap yang memakan furniture kayu pasti meninggalkan jejak berupa bubuk kayu. Bubuk kayu ini adalah substrat (dasar) kayu yang dimakan rayap.

  1. Amati Bagian Bawah Furniture

Rayap akan memulai merusak kayu pada bagian bawah terlebih dahulu. Cara mengecheck furniture anda sudah dirusak rayap atau belum yaitu, jika diketuk terasa kosong berarti furniture anda sudah dirusak oleh rayap, namun jika masih terasa penuh berarti belum dirusak oleh rayap.

  1. Ada Goa Kecil

Goa kecil yang dimaksud adalah lubang-lubang pada kayu.

  1. Sulit Membuka Pintu atau Jendela

Ketika rayap menggeregoti kayu dari dalam maka kotoran dari rayap akan membentuk sebuah proteksi yang menyebabkan penyerapan panas dan kelembaban. Efek ini akan membuat kayu berubah ukuran yang membuat sulit untuk membuka atau menutup pintu dan jendela.

Cara membasminya:

  1. Perbanyak Ventilasi

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang pertama adalah memperbanyak ventilasi sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furniture berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap.

  1. Membersihkan Genangan Air

Selain membasmi nyamuk, hal ini juga bisa membasi rayap. Karena genangan air adalah tempat berkembang biak rayap. Cara membasmi rayap dari paling luar rumah adalah dengan mencegah adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan. Dan perlu dilakukan saat musim penghujan.

  1. Tutup Retakan Pada Dinding Rumah

Hal yang paling harus diperhatikan untuk kamu yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kita tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah.

Jika memang ada celah atau retakan, segera tutup. Biasanya retakan ini dapat ditutup dengan bantuan semen putih yang cukup mudah diperoleh. Kamu juga bisa meminta tukang bangunan untuk menutupnya. Dengan demikian, rumahmu akan aman dari serangan rayap.

4.    Menghindari Kontak dari Dinding Kayu ke Tanah

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan bangunan yang mengandung material kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasanya masuk ke dalam bangunan dengan media kayu.

Ditambah lagi jika material kayu yang digunakan bukan kayu yang diolah dengan baik, maka material tersebut dapat dengan mudah mengumpulkan uap air. Kondisi ini sangat disukai oleh rayap. Rayap memiliki cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung. Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dengan kayu cukup efektif karena kamu menutup jalan rayap menuju ke rumahmu.

5.    Menjemur Perabotan Furniture Kayu

Cara membasmi rayap yang suka memakan material kayu adalah menjaga agar material tersebut tidak lembab. Perabotan kamu yang terbuat dari kayu wajib untuk dijemur secara rutin di bawah sinar matahari. Pastikan perabotan tersebut kamu jemur dengan waktu yang cukup lama agar tidak ada lagi sisi perabot yang terlalu lembab.

6.    Menggunakan Daun Salam dan Kemangi

Bumbu dapur yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain cocok untuk bumbu dapur, aroma yang kuat dari daun salam dan kemangi akan sangat efektif untuk membasmi rayap.

Cara membasmi rayap dengan teknik ini cukup mudah untuk dilakukan. Cukup letakkan saja daun-daun tersebut ke perabotan kamu. Rayap tidak akan mendekati perabot tersebut. Di samping itu, bahan ini juga aman untuk diletakkan pada lemari pakaian karena tidak akan membuat pakaian menjadi bau. Sehingga, cara membasmi rayap yang satu ini tidak memberikan efek negatif .

7.    Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Kapur barus memang memiliki segudang manfaat. Kapur barus dengan kandungan naftalena di dalamnya dapat digunakan sebagai cara membasmi rayap yang efektif. Di samping mencegah serangga kecil di rumahmu, bau yang kuat dari kapur barus juga sangat tidak disukai oleh rayap. Letakkan kapur barus di furniture-furniture rumahmu dan beberapa sudut rumahmu. Rayap akan menghindari lokasi tersebut.

8.    Lapisi Furniture dengan Cat Anti Rayap

Apabila furniture telah dilapisi dengan cat maka hilangkan lapisan cat terlebih dahulu. Ini dikarenakan lapisan coating pada furniture menutup pori-pori kayu yang menghambat peresapan obat anti serangga. Setelah lapisan coating hilang maka aplikasikan produk anti serangga yaitu BioCide Insecticide. Campurkan BioCide dengan air secukupnya kemudian oleskan ke seluruh permukaan furniture dengan kuas. Apabila furniture berbentuk kecil maka Anda bisa merendamnya dengan larutan bahan anti serangga.

Setelah seluruh bagian furniture terkena dengan bahan tunggu hingga benar benar kering. Jika perlu lakukan penjemuran furniture di bawah sinar matahari secara langsung. Pastikan kayu benar-benar kering dan obat telah meresap. Proses ini akan menghilangkan dan membunuh rayap bahkan bakal rayap yang akan memulai koloninya.

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *