Membuat Fondasi yang Kuat

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Fondasi adalah suatu bagian dari bangunan yang berhubbungan langsung dengan tanah dan berfungsi sebagai pendistribusi beban bangunan ke tanah. Membuat fondasi haruslah yang kuat. Jika fondasi lemah, maka akan berpengaruh pada rumah, rumah bisa sangat rentan dan gampang roboh.

Untuk menghindari hal ini, kita harus memperhatikan cara membuat pondasi rumah yang kuat sebagai berikut.

  • Perhatikan kedalaman dari fondasi. Fondasi tanpa kedalaman yang cukup, maka kekuatan fondasi juga akan kurang baik dalam menopang beban bangunan.
  • Andai kita memilih fondasi batu kali, maka kita bisa memakai rasio 1:5 untuk adukan semen pasir untuk mempertahankan kekuatan fondasi.
  • Kita juga harus mempersiapkan stek pada fondasi batu kali agar bisa dikaitkan dengan sloof.
  • Andai kita memilih pondasi footplat, maka ada baiknya kita memakai tulangan dengan ukuran minimal 12 mm. Selain itu, perhatikan pula mutu beton dimana ada baiknya kita menggunakan mutu kisaran K225. Sementara itu, dimana adukan semen pasir dan kerikil rasionya adalah kisaran 1: 1,5: 2,5.
  • Pastikan pula agar tulangan pondasi benar-benar menyatu dengan tulangan kolom struktur hingga ke bagian atas bangunan agar kekuatan pondasi bisa terjamin.

Pondasi dan Kondisi Tanah

Selain melakukan hal-hal di atas, kita juga harus memperhatikan beberapa hal lain, yakni kondisi tanah yang akan kita pakai untuk mendirikan bangunan. Dengan mengecek kondisi tanah, maka kita pun bisa memilih jenis pondasi apa yang sekiranya sesuai dengan bangunan rumah yang akan kita dirikan.

  • Fondasi batu kali sudah cukup kuat untuk rumah satu lantai pada tanah yang cukup keras.
  • Fondasi batu kali dan footplat sudah cukup kuat untuk rumah dua lantai pada tanah yang cukup keras.
  • Konsultasi kepada ahli struktur atau arsitektur jika tanah dalam kondisi lembek. Selain itu tanah yang bekas urugan, dan berada di lereng juga harus dikonsultasikan. Karena kondisi tersebut cukup berbahaya. Apalagi jika kita ingin membangun rumah dengan dua atau tiga lantai.

Dengan adanya fondasi yang kuat, kita bisa memastikan bangunan rumah kokoh dan bisa dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu, faktor keamanan juga harus kita perhatikan karena andai kita memakai pondasi secara asal-asalan, bisa jadi bangunan akan cepat rusak dan bisa membahayakan penghuninya.

WhatsApp chat