Membuat Kolam Ikan Minimalis

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Arsitek Malang – Sempitnya lahan sering menjadi pertimbangan bagi anda jika ingin membangun kolam ikan di rumah, terutama jika anda tinggal di kota. Namun, kolam ikan dengan gaya minimalis dapat menjadi solusinya.

Banyak manfaat yang dirasa dengan membuat kolam ikan minimalis, diantaranya: menjadikan rumah jauh lebih indah. Apalagi jika rumah Anda dipenuhi dengan rerimbunan pohon dan taman. Ini akan mencipta suasana segar dan indah bagi penghuninya.

Nah berikut terdapat langkah-langkah yang dapat dijadikan panduan saat hendak  membuat kolam ikan minimalis, yaitu :

1. Desain Kolam

Sesuaikan desain dengan luas rumah dan lebar pekarangan yang dimiliki. Selanjutnya selaraskan desain nkolam minimalis Anda dengan tema rumah. Anda juga bisa berimprovisasi dan berkreasi sendiri untuk mencipta kolam minimalis sesuai ekspetasi.

2. Ukuran Kolam

Tentukan ukuran kolam yang ingin dibuat.  Semisal ukuran halaman rumah Anda memanjang, maka kolam ikan yang hendak Anda buat dapat ikut memanjang. Atau semisal halaman depan rumah Anda terlalu kecil, Anda tidak perlu memaksakan untuk membuatnya di halaman depan hanya agar dilihat banyak orang.

3. Material Kolam

Untuk mewujudkan kolam yang indah tidak melulu dibutuhkan biaya yang tinggi, cukup sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bahan yang murah hanya akan menjadikannya indah di awal sisanya justru membutuhkan perawatan yang besar.

Sebagai bagian dari improvisasi, Anda bisa menambahkan komponen lain dalam kolam seperti taman mini di pinggir kolam, batu-batu alam, dan atau patung-patung air yang membuat kolam nampak hidup dan tidak monoton.

4. Isi Kolam

Untuk jenis kolam ikan minimalis, sebaiknya Anda memilih mengisinya dengan jenis ikan kecil dan mungil sebagai penghuninya. Semisal ikan Koi, ikan mas, dll. Anda juga bisa menambahkan tanaman air mungil dipinggiran kolam dan atau lainnya yang mudah dirawat.

Beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan lainnya saat hendak membangun kolam ikan minimalis agar seluruh elemen dapat berfungsi selaras dan indah, diantaranya:

  • Tata letak kolam

  • Letak kolam yang teduh

  • Volume air

  • Asupan oksigen

  • Kedalaman kolam

  • Pisahkan tanaman air

Yang terpenting adalah perawatan rutin untuk menjaga dan membersihkan kolam. Salah satunya dengan membersihkan air kolam secara berkala. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *