Memilih Furniture Untuk Outdoor

Memilih Furniture Untuk Outdoor – Pemilihan furniture untuk outdoor berbeda dengan furniture indoor. Pemilihannya harus dilakukan secara tepat dan cermat. Selain pemilihan yang tepat agar furniture outdoor ini tahan lama, perlu juga diperhatikan perawatannya. Nah, Anda tidak perlu bingung memilih furniture outdoor bila sudah mengetahui tips-tipsnya berikut ini.

  • Menentukan Ukuran yang Tepat

Hal pertama yang patut menjadi perhatian Anda adalah ukuran furniture. Anda harus mengukur kapasitas eksterior rumah terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan furniture agar nanti Anda dapat memilih furniture outdoor yang ukurannya pas. Jangan sampai eksterior rumah tampak kurang menarik karena penggunaan furniture yang terlalu besar atau terlalu kecil.

  • Bahan Harus Tahan Lama

Furniture outdoor memang lebih rentan rusak karena pengaruh perubahan cuaca. Oleh sebab itu, Anda tak boleh sembarangan memilih bahan furniture. Pilihlah bahan furniture yang tingkat ketahanannya tinggi supaya tidak mudah rusak. Pada umumnya, furniture berbahan kayu solid, stainless steel, dan rotan adalah pilihan terbaik. Karena ketiga bahan tersebut tahan terhadap perubahan cuaca. Sehingga usai pakainya pasti lebih lama daripada furniture dengan bahan lainnya.

  • Pilihan Jenis Finishing

Daya tahan furniture outdoor turut dipengaruhi oleh bahan finishing-nya. Karena bahan finishing tersebut akan melindungi furniture saat digunakan. Finishing dengan bahan Polyurethane (PU) adalah salah satu pilihan terbaik. Karena ketahanannya sangat kuat, anti air, dan sangat cocok untuk kebutuhan outdoor. Proses pengeringannya juga menggunakan bahan kimia cair sehingga mudah menguap dan tidak meninggalkan residu berlebihan pada furniture.

  • Padanan Warna Serasi dengan Rumah

Anda bebas memilih warna furniture untuk kebutuhan outdoor sesuai selera. Namun, sebaiknya Anda memadukan warna furniture tersebut dengan nuansa eksterior rumah. Anda bisa memilih warna-warna cerah untuk menampilkan kesan ceria. Namun untuk kesan natural dan netral, warna-warna berupa cokelat kayu, hitam, abu-abu, dan putih adalah pilihan terbaik. Warna furniture yang tepat akan menyempurnakan eksterior rumah Anda.

  • Mengutamakan yang Mudah Dibersihkan

Furniture yang diletakkan di luar rumah pasti lebih rentan kotor. Itulah sebabnya Anda harus memilih furniture yang mudah dibersihkan. Jangan sampai debu dan kotoran lainnya membuat warna furniture jadi kusam. Furniture berbahan kain sebaiknya tidak digunakan untuk kebutuhan outdoor. Sebab bahan kain lebih rentan menyerap kotoran dan mengalami perubahan warna menjadi kusam.

  • Mengandalkan Furniture Multifungsi

Untuk menghemat pengeluaran Anda, pilihlah furniture multifungsi untuk eksterior rumah. Misalnya, satu set bangku dan meja taman yang bisa dilipat atau meja yang memiliki tempat penyimpanan berupa laci. Selain menghemat pengeluaran, furniture unik ini akan mempercantik eksterior rumah. Karena tidak semua orang memiliki furniture istimewa tersebut di rumah.

  • Menyiapkan Tempat Teduh

Jangan lupa kalau furniture outdoor tetap harus diletakkan di tempat teduh. Sebaiknya Anda menyiapkan tempat teduh terlebih dahulu sebelum membeli furniture. Anda bisa memanfaatkan pohon besar yang rindang, payung besar, atau kanopi sebagai alternatif. Sehingga furniture kesayangan tetap awet karena tak langsung terkena hujan atau panas matahari. Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman selama menggunakan furniture tersebut.

Menentukan furniture outdoor sebenarnya tidak sulit kalau Anda sudah mengetahui caranya. Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk merawat furniture tersebut minimal satu tahun sekali. Tentunya agar furniture outdoor kesayangan tidak cepat rusak dan siap mempercantik eksterior hunian Anda.

WhatsApp chat