Menata Ruang TV Sederhana untuk Keluarga

 

Arsitek Malang – Meskipun terlihat sederhana namun ruang tv sebaiknya ditata dengan rapi agar tetap memberi rasa nyaman untuk seluruh anggota keluarganya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata ruang tv dirumah Anda. Berikut kami berikan ulasannya.

 

 

Letakkan sofa ataupun tempat duduk untuk keluarga

Ruang TV yang nyaman memang dibuat untuk berkumpul seluruh anggota keluarga, jadi tempat duduk adalah hal yang wajib ada di ruangan ini. Anda bisa meletakkan sofa yang nyaman dengan ukuran yang mampu menampung seluruh anggota keluarga Anda. Jika ruangan terlalu sempit untuk sofa berukuran besar, Anda bisa menggunakan karpet untuk alas duduk keluarga.

Pilih TV dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan

Namanya saja ruang TV, jadi tentu di ruangan ini harus ada perangkat televise dan aksesori pendukungnya. TV yang Anda gunakan bisa disesuaikan ukurannya dengan kebutuhan, keinginan, dan kemapuan finansial. Anda bisa menempatkan TV berukuran besar jika ruang TV Anda pun cukup luas. Sebaliknya, jika ruangan TV terbatas Anda bisa memili TV yang berukuran lebih kecil dan tidak memakan banyak ruang.

Meletakkan TV dengan jarak yang pas dengan sofa atau tempat duduk

Setelah Anda memiliki TV dan alas duduk, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah di mana Anda akan meletakkan keduanya. Atur jarak yang tepat antara TV dan tempat duduk agar Anda dan keluarga bisa menonton TV dengan nyaman dan tetap aman untuk mata.

Jarak antara tempat duduk dan TV dihitung berdasarkan ukuran dari TV itu sendiri. Idealnya jarak pandang yang aman dan nyaman untuk mata adalah 3 kali lipat dari ukuran TV. Jika ukuran TV Anda 14 inci maka jarak pandang ideal adalah 42 inci.

Tambahkan lemari atau rak buku untuk meletakkan buku ataupun barang lain

Selain sofa, karpet dan TV Anda juga bisa menambahkan perabot lain di ruang TV seperti rak buku ataupun lemari. Rak buku ini bisa Anda isi dengan buku bacaan keluarga sehingga ruang TV juga bisa difungsikan sebagai ruang membaca. Lemari juga bisa Anda gunakan untuk meletakkan berbagai barang ataupun pajangan yang mempercantik ruangan.

Sesuaikan pencahayaan ruangan

Pencahayaan adalah hal penting yang harus diperhatikan pada ruang TV. Ruang TV sebaiknya dibuat terang agar terasa lebih nyaman. Pencahayaan di ruang TV bisa didapatkan dari sumber alami maupun dari pencahayaan listrik. Arah pencahayaan perlu diatur dengan tepat supaya tidak mengganggu kenyamanan menonton.

Pencahayaan pada ruang TV yang berasal dari sinar matahari melalui jendela sebaiknya berasal dari sisi kanan atupun kiri, bukan dari arah depan ataupun belakang TV. Sementara sumber cahaya dari lampu bisa berasal dari lampu bisa berupa lampu pada plafon seperti pada umumnya.

Atur kabel ataupun letak perangkat listrik agar aman dan tidak membahayakan

TV serta perangkat elektronik yang ada di ruang TV sebaiknya diatur dengan baik agar tidak ada kabel yang menggantung ataupun melintang di tengah ruangan. Buatlah instalasi elektronik yang rapi agar tidak menimbulkan masalah para perangkat ataupun mengganggu keselamatan penghuni rumah.

Selain itu, letak stop kontak juga perlu disesuaikan. Letakkan perangkat elektronik dekat dengan stop kontak agar kabel tidak memerlukan sambungan listrik. Tutupi bagian saklar agar tidak bisa diakses dengan mudah, terlebih jika di rumah Anda terdapat anak-anak.

Buat desain ruangan yang hangat

Desain ruang TV juga memainkan peran penting dalam memberikan kenyamanan bagi penghuni. Ruang ini sebaiknya dibuat dengan nuansa hangat dan nyaman. Penggunaan warna-warna lembut sangat direkomendasikan untuk desain ruang TV dan ruang keluarga.

Anda juga bisa menambahkan bantal-bantal ataupun karpet lembut agar ruangan terlihat lebih cantik dan juga terasa lebih nyaman. Sirkulasi udara di ruang TV juga perlu dibuat dengan benar supaya ruangan tetap segar dan tidak terasa pengap meskipun tanpa tambahan pendingin udara.

Desain keseluruhan ruang TV sebaiknya dibuat dengan konsep warna yang senada baik dari perabotan, gorden hingga aksesoris. Berikan juga ornamen-ornamen tambahan pada dinding untuk membuat ruangan terlihat lebih ramai dan hidup. Desain yang dibuat serasi ini akan semakin membuat Anda dan keluarga nyaman dan berlama-lama di ruang TV.

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat πŸ™‚

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp :Β (0274) 501 7127 | WA :Β 0878 3475 4624

WhatsApp chat