Mencampur Cat Tembok Dengan Air dan Thinner

Mencampur Cat Tembok Dengan Air dan Tinner – Cat tembok berfungsi untuk memperindah tampilan rumah anda. Perlu anda ketahui bahwa, ada 2 jenis cat menurut bahan pengencernya, yaitu cat berbasis air dan cat berbasis minyak/thinner.

Lalu mengapa cat perlu diencerkan? Cat tembok yang Anda beli masih terlalu kental. Penambahan air atau minyak akan mengencerkannya. Anda bisa mengaplikasikan cat yang encer ini dengan lapisan yang tipis sehingga membuat hasilnya pun menjadi rapi. Nah, untuk proses pencampurannya anda tidak boleh sembarangan mencampur. Berikut kami berikan tipsnya ya!

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air

Anda bisa memulai dengan memeriksa terlebih dahulu produk cat tembok yang akan dipakai. Pastikan cat tersebut memang berbasis air. Setelah itu, bacalah petunjuk penggunaannya. Di sana pasti ada saran tentang prosentase air yang perlu ditambahkan untuk mengencerkannya. Biasanya 1 kaleng cat seberat 25 kg perlu dicampur dengan air sebanyak 5 liter. Anda wajib mengikuti saran pemakaian dari produsen ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Setelah Anda menghitung jumlah kebutuhan cat yang diperlukan untuk suatu pekerjaan, lalu Anda bisa menyiapkan cat-cat tembok sesuai kebutuhan. Kami sarankan jangan langsung mencampur semua cat tersebut dengan air, melainkan Anda harus mencampurnya sedikit demi sedikit. Kira-kira buatlah campuran cat dan air yang bisa habis dalam waktu 3 jam. Nantinya Anda bisa membuat campuran yang baru lagi kalau campuran ini sudah habis.

Siapkan wadah khusus untuk mencampurkan cat dan air. Kemudian tuangkan cat ke dalam wadah tersebut terlebih dahulu. Siapkan tongkat kayu sebagai alat pengaduk. Setelah itu, Anda bisa menuangkan air sedikit demi sedikit ke wadah sambil terus diaduk menggunakan tongkat. Tuangkan air sesuai kebutuhan. Aduk terus kira-kira selama 1 menit sehingga cat dan air benar-benar tercampur rata. Barulah kemudian cat siap untuk digunakan.

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Thinner

Proses mencampurkan cat tembok dengan thinner sebenarnya sama seperti langkah di atas. Bedanya hanya terletak pada bahan pengencer yang perlu kita tambahkan. Kalau di sini kita menggunakan thinner sebagai pengencer cat yang berbasis minyak. Mulailah dengan menuangkan cat secukupnya ke wadah. Kemudian tuangkan thinner sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tercipta campuran cat yang rata. Lantas Anda pun bisa menggunakan cat tembok tersebut.

 

WhatsApp chat