MengataMengatasi Tembok Rumah yang Lembab dan Berjamur

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Selain tembok retak, kerusakan tembok lain yaitu lembab dan berjamur. Di artikel sebelumnya yaitu Penyebab Tembok Rumah Retak telah dibahas tentang tembok retak. Nah, untuk artikel yang sekarang ini akan dibahas tentang mengatasi tembok rumah yang lembab dan berjamur.

Rumah adalah istana bagi semua orang yang tinggal di dalam nya. Bagaimana pun kesibukan kita pekerjaan, study maupun waktu bersama teman diluar pada akhirnya kita semua akan kembali kerumah untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Tentunya rumah yang akan kita tempati setiap harinya harus lah terasa nyaman dan enak di tempati.

Untuk itu sangat perlu di perhatikan kebersihan dan kenyamanan rumah anda. Bagaimana jika dinding rumah anda lembab dan berjamur? Hal ini dapat menyebab kan udara di dalam rumah anda terasa panas dan pengap. Tentu saja ini akan membuat seisi keluarga menjadi tidak nyaman.

Selain merusak kesehatan dan kenyamanan, dinding rumah yang lembab karena basah dan berjamur dapat merusak tembok dan mengurangi keindahan rumah anda saat kita melihat nya. Hal ini seperti keburukan berantai yang berjalan berkesinambungan.

Pertama dinding anda akan basah oleh air yang merembes di tembok, jika di biarkan hal ini akan menimbulkan kerusakan yang lebih jauh lagi yaitu timbulnya bintik-bintik noda atau biasa kita sebut jamur.

Penyebab Tembok Lembab

Gangguan seperti ini sangat sering ada terutama saat musim hujan, jika ini terjadi anda harus mencari akar atau penyebab timbulnya rembesan air ataupun jamur. Karena tanpa mengetahui sumber kerusakan nya, akan terasa percuma untuk kita mengatasi masalah nya karna kerusakan dapat datang kembali. Disamping itu, juga terdapat penyebab lain terjadi nya masalah ini. Untuk mengatasi nya tentu saja kita harus mengatahui dahulu apa penyebab nya, dan masalah dinding yang lembab sayang penting untuk kita tangani karena menyangkut masalah kesehatan dan kenyamanan. Berikut penyebab dan cara mengatasi Dinding Rumah yang Lembab dan Berjamur!

Saat anda menemukan dinding rumah anda ada yang lembab dan berjamur, kemudia anda telah mengidentifikasi penyebab nya. Lakukan lah tahapan perawatan dinding rumah anda dengan cepat. Jika anda tidak ingin itu terjadi terus menerus, maka lakukanlah tahapan perawatan secara berkala.

Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

  1.  Tambahkan komponen lapisan kedap air pada finishing jika tembok kontak langsung dengan air. Komponen ini hanya berupa plester yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Jika anda ingin yang instan atau dinding rumah anda telah selesai dapat juga anda atasi dengan pemberian cat water proof.
  2. Mengatasi daerah rembesan yang menjadi sumber tembok menjadi lembab. Jika rembesan terjadi akibab komponen eksternal rumah seperti talang atau atap rumah tentunya anda dapat perbaiki atau mengganti itu dahulu.
  3. Berikan plester (screed) yang terbuat dari campuran semen dan pasir (1:3) sebagai lapisan kedap air pada dinding wc. Tahap ini dilakukan sebelum memasang keramik atau finishing lainnya. Tujuannya agar tidak terjadi kontak langsung antara air dan dinding yang akan merembes ke dalam dinding wc.
  4. Menggunakan transram pada pasangan batu bata yang berada di atas sloof setinggi 30-50cm pada rumah di daerah lembab dan basah.
  5. Perhatikan sirkulasi udara rumah anda. Memperbaiki ventilasi udara rumah anda atau bahkan membuat beberapa ventilasi udara baru.

Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

  1. Jangan gantungkan kain-kain basah pada dinding rumah anda. Seperti handuk, lap dapur, lap kotor, kain pel dll.
  2. Mengatasi tembok yang sudah lembab dan berjamur dengan membersihkan dinding dengan cairan pembersih dinding/toilet, pemutih atau deterjen. Gunakanlah kain dengan tekstur lembut, spons, sikat nilon dll. Jangan menggunakan sikat yang kasar dan berbahan keras karna daat merusak tembok. Jika sudah, bilas dinding dengan air bersih kemudian keringkan.
  3. Jika jamur telah terlalu lama dan parah mungkin anda harus melakukan usaha ekstra. Salah satunya dengan cara penyemprotan cairan fungisida terlebih dahulu untuk membunuh jamur. Tunggu jamur mati kemudian bersihkan kembali dengan sabun dan air seperti cara diatas.
  4. Jika cat dinding mengelupas atasi dengan membuka semua cat yang terkelupas atau rusak. Lalu bersihkan dengan air atau cairan lain dan cat ulang. Disarankan untuk menggunakan cairan waterproof atau memberi plester kedap air sebelum di cat.
  5. Sebagai pencegahan, rutinlah membersihkan tembok minimal dengan air. Agar dinding tetap bersih dan tidak terjadi penumpukan bakteri, jamur, atau kotoran. Serta cat ulanglah dinding rumah anda jika terlihat telah kusam.

Nah, itu tadi seputar dinding yang lembab dan berjamur. Apa penyebab nya dan bagaimana cara mengatasi nya. Jadi bagaimana? Apakah dinding rumah anda telah bersih dan nyaman dilihat? Lakukan renovasi pada rumah anda sekarang! Rumah mu istanamu.

WhatsApp chat