Mengecat Plafon Gypsum yang Baik dan Benar

Arsitek Malang – Plafon rumah sejatinya memberikan elemen tersendiri pada interior rumah, yakni dapat mempercantik tampilan rumah. Maka dari itu, plafon rumah sering kali di cat agar tampil lebih indah. Gypsum plafon sendiri sudah berwarna putih. Namun pada tahap akhir pemasangan gypsum biasanya di cat kembali supaya tampilan jauh lebih rapi. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara mengecat plafon gypsum yang benar.

 

 

Pastikan tidak ada kebocoran

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu apakah terdapat kebocoran pada jenis-jenis atap rumah Anda. Jika memang ada kebocoran, terlebih dahulu Anda betulkan kebocoran tersebut dengan cara mengatasi plafon bocor.

Memindahkan perabot terlebih dahulu

Langkah selanjutnya adalah memindahkan terlebih dahulu perabot yang berada dibawah plafon rumah yang akan dicat. Apabila memang tidak memungkinkan, Anda perlu menutup permukaan perabot dengan menggunakan plastik dan semacamnya. Hal ini untuk memudahkan proses pembersihan rumah dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa sapu atau kain pel.

Mematikan sumber listrik

Jika Anda ingin mengecat plafon rumah menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk, sebaiknya sumber listrik yang berada di ruangan tersebut dimatikan. Hal ini dilakukan untuk memperlancar proses pengecatan.

Baca Juga : fungsi plafon untuk atap rumah 

Menutup permukaan

Mengecat plafon rumah dapat dilakukan dengan menggunakan semacam pola atau variasi warna, semuanya bergantung pada pilihan Anda. Untuk menciptakan pola, Anda dapat menutup bagian yang tidak inginkan dengan menggunakan isolasi kertas atau juga musking tape. Biasanya penutupan ini dilakukan pada bagian perbatasan antara plafon dengan dinding, atau dapat juga dengan plafon dengan warna cat rumah elegan yang lainnya.

Menggunakan alat yang tepat

Mengecat rumah dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa alat, salah satunya adalah roll cat. Roll cat lebih sering digunakan karena membatu proses pekerjaan berjalan lebih cepat. Namun sebelum menggunakan roll tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa roll bersih dari kotoran serta debu. Caranya adalah dengan membersihkan roll dengan air, kemudian di lap kembali hingga kering.

Memulai proses pengecatan

Apabila segala persiapan telah dilakukan, kini saatnya untuk memulai proses pengecatan. Sebaiknya pengecatan dilakukan mulai dari bagian pinggir terlebih dahulu, atau pada bagian yang diberikan isolasi.  Pengecatan dapat dilakukan ke bagian tengah. Cara ini ampuh untuk menjaga hasil cat tetap rapi. Namun berhati-hatilah agar ketebalan cat tetap sama satu sama lain.

Disamping beberapa langkah pengecatan, ada beberapa tips mengecat plafon gypum yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya :

  • Proses pengecatan sebaiknya dilakukan pada pagi hari hingga siang hari. Hal ini dilakukan agar cat lebih cepat mengering dengan bantuan sinar matahari alami.
  • Agar proses pengecatan berjalan lancar, ikuti instruksi yang tertera pada kemasan cat.
  • Apabila Anda menggunakan alat roll, perhatikan gerakan roll tersebut dan gunakan cara memanjang dibandingkan dengan melebar.
  • Gunakan alat bantuan tangga untuk memperlancar jangkauan kepada plafon rumah.

Demikianlah beberapa tips dan trik cara mengecat plafon gypsum yang benar. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat