Mengenal 3 Zona Di Dapur

Mengenal 3 Zona Di Dapur – Dahulu dapur dikenal sebagai tempat yang tak jauh dari kata kotor dan berantakan. Karena itu, ruang utama dengan dapur sengaja di jauhkan. Saat ini justru berbeda, dapur dibagi menjadi dua dapur kering (pantry) dan dapur basah. Namun, ternyata dapur memiliki 3 zona, zona apa saja itu? Mari simak artikel berikut ini yuk!

Prep & clean zone

Preparation and cleaning zone atau zona persiapan dan membersihkan adalah zona dimulainya semua kegiatan memasak.

Berbagai kegiatan yang merupakan awal kegiatan memasak memang dilakukan di area ini, mulai dari mempersiapkan bahan masakan dari kulkas hingga membersihkan peralatan.

Jika dapur memiliki luas yang memadai, ada baiknya zona ini diaplikasikan pada dapur island. Model dapur berbentuk pulau ini memungkinkan berbagai aktivitas persiapan dapat dilakukan di area tersendiri, sehingga lebih leluasa dalam pengerjaannya.

Adapun perlengkapan dapur yang biasa dijumpai meliputi mesin cuci piring, tempat piring kotor, kran, wadah sabun cuci piring, dan rak piring. Selain itu alat rumah tangga yang hendaknya berdekatan dengan zona ini adalah lemari es.

Mixing zone

Setelah disiapkan dan dibersihkan, kegiatan selanjutnya adalah meracik bahan masakan di zona mixing yang nantinya masuk ke proses memasak. Kegiatan lain yang biasa dilakukan adalah mengupas, memotong, mengiris, dan mencampur bahan-bahan sehingga area ini harus ditata sebaik mungkin.

Tak hanya itu, dalam merancang area meracik sebaiknya penempatan alat masak harus berada sangat dekat agar mudah dijangkau. Misalnya talenan, mangkuk, pisau, dan cobek.

Cooking zone

Terakhir dan yang paling utama adalah cooking zone atau area memasak. Area ini merupakan zona paling panas yang dilengkapi kompor serta tempat sementara untuk meletakkan makanan baru matang.

Perabot lain yang harus ada di area ini mencakup kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, wajan, hingga spatula. Hal lain yang perlu diperhatikan saat merancang area ini adalah menjauhkan microwave dan oven.

WhatsApp chat