MENGENAL BERAGAM MATERIAL BATHTUB

Jasa Arsitek – Sebelum membeli bathtub, sebaiknya mengenal beragam jenis material bathtub yang sangat banyak. Saat memilih bathtub, kebanyakan orang cenderung hanya melihat dari desain atau bentuknya saja dan seringkali luput memrhatikan material bathtub yang digunakan.

Setiap materialnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mungkin ada yang unggul di sisi desain namun tidak tahan lama atau sebaliknya. Jika masih bingung, jenis material yang cocok untuk bathtub di rumah, simak ulasan dibawah ini mengenai material bathtub yang sering digunakan.

1. Fiberglass

Fiberglass dikenal juga dengan sebutan FRP atau fiberglass-reinforced plastic. Material ini adalah yang paling murah dibandingkan material bathtub lainnya. Keuntungannya selain harganya murah, ukurannya ringan, pemasangannya mudah, dan juga lapisan permukaannya bisa diperbaiki. Sayangnya, bathtub fiberglass cukup tipis, melentur, tak tahan lama, dan permukaannya mudah pudar, tergores, bahkan retak.

2. Porselain dan Baja

Ini adalah salah satu material bathtub yang cukup sering ditemukan dan memiliki harga yang terbilang murah. Bathtub ini terbuat dari lembaran baja tipis yang kemudian ditutup dengan lapisan enamel porselain. Kelebihan utama material ini terdapat pada daya tahannya, mudah dibersihkan, dan cocok digunakan sebagai pengganti bathtub fiberglass atau akrilik.

3. Akrilik

Bathtub akrilik menggunakan lapisan fiberglass untuk menguatkan lapisan dasarnya yang dibuat dari lapisan akrilik berwarna. Kelebihan dari material ini hampir sama dengan material fiberglass, namun sayangnya harga bathtub akrilik sedikit jauh lebih mahal. Sedangkan kerugiannya, lapisan penutupnya akan pudar atau tergores seiring waktu.

4. Cast Iron

Jika Anda menginginkan bathtub yang tahan lama, maka material cast iron adalah pilihan yang tepat. Material ini mungkin adalah material paling kuat yang ada saat ini dan lapisan permukaannya tahan terhadap goresan, benturan, hingga berbagai zat kimia. Sebaliknya, kekurangan bathtub cast iron ada pada ukurannya yang cukup besar dan berat hingga membutuhkan energi ekstra untuk pemasangannya.

5. Material Berpermukaan Padat

Material berpermukaan padat (solid-surface materials) adalah barang baru di dunia bathtub. Untungnya material ini cukup tahan terhadap panas, tersedia dalam beragam pilihan warna, dan Anda bisa meminta bathtub custom jika ingin. Sayangnya, jenis material ini bobotnya cukup berat dan cukup mahal yang mungkin akan berpengaruh pada proses pengolahannya yang lebih lama.

6. Marmer

Bathtub marmer terbuat dari batu gamping yang ditumbuh dan dicampur dengan resin, kemudian dilapisi dengan Gelcoat. Keuntungannya, material ini tersedia dalam banyak pilihan warna, ukuran, dan juga gaya. Selain itu, lapisan Gelcoat yang digunakan untuk marmer jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan Gelcoat untuk fiberglass. Merk bathtub yang bagus pasti selalu memiliki jenis bathtub marmer dalam koleksinya.

7. Keramik

Hal yang cukup berbeda ditawarkan oleh bathtub keramik karena bisa dipasang di tempat dan disesuaikan dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda memiliki jauh lebih banyak pilihan desain apabila hendak menggunakan material ini. Namun, Anda harus siap dengan risiko utamanya yaitu permukaan bathtubnya biasanya tak cukup rata sehingga bisa membuat Anda merasa tak nyaman. Selain itu, Anda pun harus siap dengan ongkos perawatannya yang cukup sering.

8. Batu dan Kayu

Hal paling menyenangkan apabila menggunakan material batu dan kayu yaitu Anda bisa memesan bathtub custom sesuai keinginan. Anda bisa memilih beragam jenis batu yang ada, granit, marmer, onix, travertine, basalt, sandstone, dan jenis batu lainnya. Selain itu, Anda pun bisa memesan jenis kayu apa yang diinginkan untuk membuat bathtub ini. Tips memilih bathtub batu dan kayu yang paling utama yaitu menyiapkan ongkos lebih karena biaya perawatannya cukup besar.

9.  Cast Polymer

Bathtub dari material cast polymer sangat tepat untuk digunakan di kamar mandi dengan desain bernuansa alam. Keunggulan utamanya, bathtub dari material ini sangat mudah dibersihkan dan cukup tahan terhadap goresan. Sayangnya, kekurangan terbesar dari material bathtub ini adalah daya tahannya yang lemah terutama terhadap benturan.

Nah tadi 9 material bathtub yang unggulan dan berkualitas, jangan lupa memeprtimbangkan materialnya sebelum membeli bathtub ya! Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat