Mengenal Besi Hollow

Mengenal Besi Hollow – Hampir seluruh konstruksi sudah mulai menggunakan besi hollow dan mulai meninggalkan kayu. Hal ini dikarenakan besi hallow lebih kokoh dibanding kayu dan sudah pasti lebih awet untuk jangka panjang. Berikut ini kami akan mengenalkan apa itu besi hollow, mohon disimak.

Apa itu besi hollow?

Besi hollow adalah salah satu jenis besi yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Sebenarnya besi hollow ini adalah semacam pipa dari bahan besi dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Besi hollow juga disebut square hollow, pipa kotak atau besi holo.

Pada bagian indoor, besi hollow ini dapat digunakan untuk membuat rangka dinding partisi atau rangka plafon. Mengingat fungsi utamanya sebagai penopang, kriteria utama kerangka tersebut juga harus diperhatikan yaitu harus kokoh. Sementara itu untuk outdoor, besi hollow digunakan untuk membuat teralis yang modern, pintu pagar, ataupun kanopi cartport.

Macam Besi Hollow

  1. Besi Hollow Gypsum

Besi hollow jenis gypsum merupakan material bahan bangunan yang banyak diminati karena kokoh dan tahan lama. Hollow gypsum banyak digunakan untuk pembuatan kerangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan pemilihan besi hollow jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu. Lebih aman tidak akan terserang oleh rayap.

  1. Besi Hollow Galvalume

Biasa juga disebut dengan Zinc-alume, jenis besi ini bisa dikatakan sebagai besi hollow yang paling baik. Komposisi yang digunakan pada besi hollow galvalume terdiri dari bahan-bahan yang memiliki daya tahan yang baik terhadap karat. Dari galvalume sendiri, memiliki kandungan 1,5% silicon, 43.5% besi serta unsure coating alumunium sebanyak 55%. Karena memang memiliki kandungan besi yang tinggi, maka nama lain dari galvalume sendiri disebut dengan zinc-alumunium.

  1. Besi Hollow Galvanise

Jenis besi hollow ini memiliki kualitas yang berada satu tingkat dibawah dengan hollow galvalume. Kekurangan dari jenis ini adalah mudah sekali untuk mengalami korosi jika besi dipotong atau mengalami gesekan dengan material lainnya. penyebabnya adalah komposisi dasar dari pembuatan besi ini sendiri. Sebab hollow galvanis mengandung besi hingga 97% dan hanya memiliki 1% coating alumunium. Inilah yang menyebabkan besi mudah mengalami korosi.

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat