Mengenal Desain Arsitektur Mediterania

Mengenal Desain Arsitektur Mediterania – Gaya Mediterania sangat dipengaruhi dengan unsur-unsur alam setempat. Perairan berwarna turquoise-nya eropa bagian selatan, hari-hari cerah dengan cahaya matahari dan wangi bunga yang semarak eropa daratan, adalah citra visual gaya desain interior mediterania. Maka dari itu desain ini banyak diaplikasikan pada resort di pinggir pantai. Lalu bagaimana sejarah desain ini? Mari simak ulasan kami dibawah ini.

Sejarahnya

Rumah-rumah Mediterania seperti yang kita kenal sekarang berasal dari gaya arsitektur yang dikenal sebagai kebangkitan Mediterania, dipopulerkan pada tahun 1920-an. Pada masa itu banyak masyarakat kelas atas terobsesi dengan budaya yang menonjolkan kekayaan dan waktu luang, sehingga resor-resor di tepi laut menjadi booming, sebagai tempat yang menawarkan fasilitas untuk mengahabiskan waktu luang tersebut.

Didasarkan pada gaya arsitektur yang dikenal sebagai Kebangkitan Mediterania. Gaya ini bertujuan untuk meniru perasaan berada di sebuah vila Mediterania mewah. Ini menjadi dipopulerkan selama 1920-an ketika obsesi budaya dengan kekayaan dan waktu luang menyebabkan booming di resor tepi laut.

Awalnya gaya Mediterania ini digunakan untuk bangunan publik seperti hotel. Namun pada akhirnya arsitek seperti Addison Mizner dari Florida dan Bertram Goodhue dari California melihat bahwa tata letak rumah Mediterania bisa digunakan untuk desain rumah di pesisir pantai Amerika.

Hingga sekarang pun gaya Mediterania ini masih tetap paling populer untuk desain rumah di daerah pantai saat ini.

Jenis atau tipe rumah Mediterania

Rumah gaya Mediterania dikatakan unik karena mereka mengambil beberapa gaya dari budaya lainnya di wilayah geografis tersebut. Utamanya gaya rumah Italia dan Spanyol.

Dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai perbedaan kedua gaya rumah tersebut.

Masa Renaisans Italia (1890-1930)

Gaya rumah Italia yang meresap dalam gaya desain rumah Mediterania adalah yang berasal dari masa Renaisans Italia di abad ke-16. Ciri-cirinya dapat dilihat pada skalanya yang mengesankan serta detail arsitekturnya seperti kolom dan lengkungan bulat.

Konon gaya Renaisans Italia ini juga awalnya meminjam dari periode akhir era Victoria.

Dari berbagai rumah Mediterania yang ada, gaya resapan Renaisans Italia inilah yang paling kaya akan hiasan.

Kebangkitan Spanyol (1915-1930)

Gaya rumah Spanyol yang ada pada desain rumah Mediterania adalah arsitektur yang dibawa oleh penjajah Spanyol ke Amerika pada abad ke-16. Pergerakan arsitektur ini sangat populer di daerah pantai yang lebih hangat seperti California dan Florida.

Rumah gaya kebangkiatan Spanyol ini sedikit lebih sederhana daripada serapan rumah Mediterania lainnya. Menampilkan garis-garis yang lebih bersih, serta garis atap bernada rendah yang tampak lebih tebal dan lebih berat.

Mediterania Modern

Arsitektur Mediterania modern bebas mengikuti salah satu dari keduanya, entah itu gaya Spanyol atau Italia.

Yang mana keduanya membawa kembali ciri khas desain rumah gaya hidup resor. Rumah-rumah ini biasanya menampilkan denah lantai terbuka, dapur yang luas, diperbarui dan menekankan pola kehidupan pada area luar maupun dalam bangunan.

WhatsApp chat