Mengenal Desain Mezzanine pada Interior Rumah

Mengenal Desain Mezzanine pada Interior Rumah – Rumah berukuran kecil tak perlu anda jadikan masalah untuk menata interior. Anda bisa menyiasatinya dengan cara yang tepat, yaitu dengan mengaplikasikan desain mezzanine. Bisa mengatasi keterbatasan ukuran rumah anda lho! Nah, berikut kami akan mengulas tentang desain mezzanine. Simak yuk!

Apa Itu Desain Mezzanine?

Mezzanine dapat didefinisikan sebagai ruang tambahan yang terletak di antara lantai bawah dan plafon. Kata mezzanine berasal dari bahasa Italia, yaitu mezzano yang berarti ruang tengah. Jika Anda ingin mengaplikasikan desain mezzanine pada rumah, Anda harus memiliki langit-langit rumah yang tinggi. Sehingga mezzanine tersebut tidak membuat interior rumah terkesan semakin sempit. Konsep mezzanine akan memaksimalkan seluruh kapasitas ruangan sekaligus membantu Anda menghemat budget renovasi.

Faktor Penting Pengaplikasian Mezzanine untuk Rumah

Pembuatan Mezzanine Membutuhkan Bahan-Bahan Berkualitas

Anda memang tak harus membuat rangka beton seperti lantai tambahan bila ingin menggunakan konsep mezzanine. Kendati demikian, Anda tetap membutuhkan bahan-bahan berkualitas agar desain mezzanine pada rumah menghasilkan ruang tambahan yang daya tahannya kuat. Rangka mezzanine bisa menggunakan bahan dasar baja ringan atau kayu. Anda harus memastikan bahwa bahan tersebut benar-benar kuat menampung beban berat dalam waktu lama sehingga mezzanine di rumah Anda tidak mudah rusak.

Tinggi Plafon yang Ideal untuk Membuat Mezzanine

Idealnya, tinggi plafon untuk membuat mezzanine minimal 5 meter. Ketinggian tersebut akan mendukung kenyamanan Anda saat beraktivitas di mezzanine. Bahkan, proses pengangkutan barang-barang ke mezzanine pun akan terasa praktis. Usahakan untuk tidak membuat mezzanine yang terlalu tinggi supaya tidak membahayakan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Konsep Mezzanine Terhubung dengan Lantai Dua

Desain mezzanine bukan hanya bisa digunakan untuk rumah satu lantai saja. Anda juga bisa menggunakan konsep serupa untuk menghubungkan antara lantai satu dan lantai dua rumah. Dengan demikian, Anda akan memiliki ruangan ekstra di rumah yang bisa difungsikan untuk berbagai keperluan. Keberadaan mezzanine akan menciptakan ruang baru di rumah tanpa membuat sekat permanen yang terkesan sempit. Hasilnya, interior rumah Anda akan terkesan lebih luas dan instagramable.

Elemen Tangga yang Sederhana

Bukan hanya material mezzanine yang harus menjadi perhatian Anda. Elemen tangga pada mezzanine juga harus dibuat secara cermat. Anda bisa menggunakan bahan logam atau besi untuk tangga mezzanine. Pastikan agar elemen tangga tersebut memiliki desain yang simpel sehingga tidak membuat interior rumah Anda jadi sempit.

Mezzanine Bisa Dimanfaatkan sebagai Ruangan Tambahan

Keberadaan mezzanine di rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi ruang tambahan, misalnya:

  • Kamar tidur dengan nuansa minimalis. Mezzanine yang dimanfaatkan sebagai kamar tidur paling cocok diaplikasikan pada apartemen studio.
  • Ruangan mungil untuk bersantai bersama keluarga. Fungsi mezzanine yang satu ini tentu membutuhkan perabot seperti furniture, karpet, dan barang-barang pelengkap lainnya.
  • Perpustakaan mini untuk menyimpan koleksi buku sekaligus sebagai ruang baca. Mezzanine yang terbuat dari bahan kayu paling cocok difungsikan sebagai perpustakaan mini.
  • Tempat khusus yang difungsikan sebagai ruang kerja. Anda bisa menempatkan meja kerja, laptop atau Personal Computer (PC), serta lemari untuk menyimpan beragam file pekerjaan.
  • Ruang penyimpanan tambahan yang ada di kamar tidur atau ruang tamu. Anda bisa menyimpan lemari pakaian dan perabot lainnya dengan susunan yang rapi agar terlihat menarik.

Kini, Anda tak perlu bingung lagi menata ukuran rumah yang mungil dan terkesan sempit. Mari mengaplikasikan desain mezzanine pada rumah dengan cara yang tepat supaya rumah tetap nyaman dan memiliki ruangan tambahan yang istimewa.

WhatsApp chat