Mengenal Fungsi Dari Balkon

Mengenal Fungsi Dari Balkon – Balkon yang berada di atas diharuskan memiliki kekuatan ekstra yang dapat menopang beban di atasnya mulai beban material, beban penghuni maupun beban furnitur yang disimpan di atasnya. Balkon bisa dibilang merupakan salah satu area spesial yang didampakan semua pemilik rumah. Balkon juga bisa memiliki banyak manfaat, menikmati keindahan alam sekitar

  1. Memperluas Ruangan

Untuk anda yang mempunyai masalah rumah sempit atau kurang besar, membangun balkon pada lantai atasnya merupakan ide yang cemerlang. Letak balkon yang melekat di samping ruang lantai atas membuat balkon menjadi salah satu solusi perluasan ruangan di rumah anda.

Misalnya, anda bisa memperluas kamar di lantai atas dengan menempatkan balkon tepat di sisi kamar. Dengan demikian, kamar anda pun akan terasa lebih luas dan anda bisa memanfaatkan balkon sebagai tempat penempatan barang yang tidak cukup ditaruh di dalam ruangan.

  1. Memperluas Jarak Pandang

Letak balkon yang ada di lantai atas membuat ruangan tambahan ini memiliki jendela pandang yang lebih luas daripada lantai yang ada di bawahnya. Hal ini membuat balkon menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai sambil menikmati pandangan di sekitar rumah.

Jika rumah anda berada di daerah yang memilki pemandangan bagus seperti di perbukitan, pegunungan, atau dekat dengan pantai. Agar lebih santai, anda bisa menaruh kursi-kursi atau sofa empuk, serta radio mini untuk menemani kamu menikmati pemandangan sambil meminum teh atau kopi.

  1. Sebagai Pelindung Rumah

Fungsi balkon rumah yang berikutnya tidak kalah penting dengan yang lainnya. Balkon rumah memiliki bentuk yang menonjol keluar, dan ini tentu saja akan menyisakan ruang di bagian bawahnya.

Karena bentuknya yang mancung ke depan seperti pembahasan di atas, ruang di bawahnya akan terlindungi dari sinar matahari atau cipratan air hujan, baik itu deras atau kecil. Ruang di bawah balkon rumah ini juga bisa kamu tempatkan beberapa kursi agar bisa dipakai bersantai.

  1. Menaikkan Kualitas Desain Rumah

Desain eksterior rumah sama pentingnya dengan interior rumah, bahkan bisa dibilang lebih penting! Desain luar rumah yang indah dan menarik lebih terlihat banyak orang dari pada interior dalam rumah yang tersembunyi dibalik dinding.

Nah, balkon rumah yang terpajang di lantai atas akan senantiasa menambahkan nilai estetika pada desain rumah anda. Tidak penting jenis rumahnya, mau itu minimalis, vintage, rustic, atau shabby chic. Dengan menambahkan balkon rumah, eksterior rumah anda akan terlihat lebih megah dan berkelas, berbeda dengan rumah polos tak berbalkon.

  1. Batas Level Rumah

Dengan adanya balkon, anda dan orang yang melihat dapat membuat perbedaan antara lantai dasar dengan lantai atas rumah. Levelnya akan terlihat lebih tegas karena dibatasi oleh secungkil bangunan tambahan yang memayungi bagian bawah rumah.

Selain itu, balkon rumah juga dapat menegaskan perbedaan antara skala bangunan dan arah hadap rumah yang anda miliki. Bayangkan saja, semakin besar balkon yang anda bangun, skala bangunan rumah anda pun akan semakin besar, luas, dan lapang. Cocok banget diterapkan untuk rumah-rumah mungil!

  1. Penanda Rumah

Pernah mencoba memandu teman yang tersasar saat sedang mengunjungi rumah karena susah membedakan arah dan tempat? Membangun balkon rumah pada lantai atas bisa, lho, jadi solusinya!

Bentuklah balkon yang menonjol, unik, dan menarik sehingga bisa membuat rumah anda tampak berbeda dengan jejeran rumah lainnya. Tidak hanya itu, warna-warni yang dipilih pun membuat balkon rumah anda menjadi lebih stylish. Anda juga bisa bermain dengan furnitur atau properti menonjol lainnya seperti patung, kursi pantai yang dilindungi payung, atau bunga-bunga merambat yang cantik!

  1. Mempercantik Rumah

Fungsi balkon rumah yang satu ini sebenarnya tidak jauh dengan nomor 4, hanya saja lebih fokus pada tampilan rumah secara keseluruhan. Penggunaan balkon di lantai atas dapat membuat dinding rumah anda menjadi lebih hidup dan menarik, seakan-akan terlihat lebih 3D dan nyata.

Dengan dibuatnya balkon, maka tampilan depan rumah anda akan terlihat lebih dinamis. Semakin unik bentuk balkon rumahnya, semakin cantik dan selaras dengan tema hunian yang anda miliki.

  1. Fungsi Balkon Sebagai Kebun Kecil

Apabila anda seorang pecinta tanaman dan berkebun, fungsi balkon rumah yang satu ini bisa dijadikan inspirasi. Balkon rumah yang menonjol keluar dan terletak pada lantai atas rumah otomatis akan mendapatkan sinar matahari yang lebih baik.

Disini anda bisa menanam berbagai macam tumbuhan, mulai dari rumput hias, tumbuhan merambat, dan bunga-bunga favorit anda! Tak hanya itu, kebun kecil pada balkon rumahmu ini akan membuat tampilan rumah lebih asri dan sejuk.

Konsep ini bisa cocok sekali diterapkan pada rumah-rumah yang terletak di tengah kota yang memiliki tingkat polusi tinggi.

  1. Sebagai Tempat Menjemur Pakaian

Seperti yang sudah dibahas, karena konstruksinya, balkon rumah mendapatkan sinar matahari yang lebih dibandingkan dengan bangunan bawah rumah. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai tempat menjemur pakaian.

Agar terlihat lebih rapih, hindari menggantung pakaian pada railing balkon. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan jemuran baju alumunium lipat yang bisa dipasang dan dimasukan lagi ke dalam rumah setelah selesai dipakai. Dengan begitu, tampilan rumah anda pun tidak akan tercoreng karena pakaian yang berceceran di balkon.

WhatsApp chat