Mengenal Jenis – Jenis Wastafel

Mengenal Jenis – Jenis Wastafel

Mengenal Jenis – Jenis Wastafel – Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah cuci tangan sebelum makan. Hal ini tentunya sudah melekat dan menjadi kebiasaan seseorang ketika akan makan maupun melakukan aktivitas menyentuh suatu makanan. Mencuci tangan tentunya tidak luput dari kran atau wastafel. Seringkali di dalam sebuah gedung /  bangunan menggunakan wastafel untuk mencuci tangan. Namun ternyata, wastafel sendiri memiliki beberapa jenis.

1. Wastafel wall-mounted

Wastafel wall-mounted
Wastafel wall-mounted

Wastafel wall-mounted adalah jenis wastafel yang dipasang menempel ke dinding. Wastafel jenis ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dengan dimensi mangkok yang lebar namun tidak terlalu dalam. Keunggulan jenis wastafel ini adalah hemat ruang dan terkesan ringan sehingga cocok dipasang pada kamar sempit. Instalasinya pun cukup mudah karena tidak perlu tambahan media apapun, cukup sekerup ke dinding dan pasangkan pipa-pipanya. Wastafel jenis ini juga dikenal dengan istilah wall-hug lavatory.

 

2. Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount

Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount

Wastafel jenis ini memiliki banyak nama namun sebenarnya mengacu pada benda yang sama. Wastafel jenis ini memerlukan top table (topping meja) untuk memasangnya. Bagian mangkok wastafel ini tenggelam ke meja, namun bibir atasnya tetap muncul di atas meja. Wastafel jenis ini cocok dipasagkan dengan meja vanity atau dibuatkan toping beton yang menempel ke dinding. Wastafel jenis ini juga dikenal dengan istilah counter lavatory.


3. Wastafel undermount

Wastafel undermount
Wastafel undermount

Wastafel undermount merupakan jenis wastafel yang seluruh bagiannya berada di bawah topping meja. Dengan demikian bibir lubang meja juga harus dibentuk dan dihaluskan agar mengikuti bentuk wastafel. Instalasinya mungkin agak sedikit rumit, namun dalam hal perawatan, wastafel ini yang paling mudah dibersihkan karena kita cukup hanya membersihkan mejanya saja.

4. Wastafel pedestal

Wastafel pedestal
Wastafel pedestal

Wastafel jenis ini memiliki kaki pedestal sehingga bisa berdiri sendiri. Wastafel jenis ini cocok digunakan di area outdoor dimana tidak ada tumpuan lain untuk wastafel. Wastafel jenis ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dengan lubang mangkok yang tidak terlalu dalam. Meskipun sudah memiliki kaki, namun perkuatan ke bawah (ke lantai) harus tetap ada sehingga wastafel tidak jatuh.

5. Wastafel top-mount (baskom / mangkok)

Wastafel top-mount (baskom / mangkok)
Wastafel top-mount (baskom / mangkok)

Wastafel top-mount ini terlihat seperti baskom di atas meja. Tidak seperti jenis self-rimming, wastafel ini seluruhnya berada di atas meja. Wastafel ini merupakan jenis yang sangat digemari untuk rumah bergaya kontemporer. Bentuk baskom ini bisa divariasikan dan dibuat dari berbagai material seperti porcelain, batu, kaca dan bahkan kayu. Wastafel ini agak lebih sulit dibersihkan karena harus membersihkan bagian luar mangkok / baskomnya.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *