Mengenal Rumah Split Level

Mengenal Rumah Split Level –  Sudah pernah dengar istilah rumah split level? Desain dengan konsep ini terdengar masih sangat asing bagi orang awam. Nah, jika anda termasuk salah satu yang belum mengathaui apa itu rumah split level berikut kami akan menjelaskannya untuk anda.

Pengertian Rumah Split Level

pinterest.com

Rumah split level bisa didefinisikan sebagai gaya rumah dimana setiap lantai saling tergantung. Secara umum, biasanya ada dua tangga pendek yang menyambungkan dua lantai dengan ketinggian level yang berbeda. Perbedaan level lantai namun tidak benar-benar berada di tingkat lantai yang berbeda merupakan ciri khas dari rumah split level.

Sejarah Desain Rumah Split Level

kunst-studio.com

Desain rumah split level mulai dikenal dan populer pada pertengahan abad ke-20 di wilayah Amerika Utara. Rumah split level kala itu banyak digunakan oleh masyarakat pinggiran kota berkembang yang memang memiliki lahan berkontur. Saat perang dunia kedua terjadi, gaya rumah split level makin populer, dan kemudian menyebar hingga saat ini.

Keuntungan Memiliki Rumah Split Level

therawarchitects.com

Rumah split level memberikan kesan lebih terbuka

Sama seperti halnya saat memberikan void pada rumah, kehadiran rumah split level memberikan suasana lebih lapang dan terbuka pada hunian. Hal ini juga membuat rumah split level lebih terasa akrab dan homey karena setiap ruang yang terhubung dengan tangga tanpa sekat masif. Selain itu, komunikasi antar penghuni rumah menjadi jauh lebih mudah dan dekat dengan memanfaatkankonsep rumah split level.

Memberikan ruang-ruang lebih untuk fungsi tambahan

Pada rancangan rumah split level yang baik, kehadiran rumah split level bisa memberikan efisiensi ruang yang baik. Anda bahkan bisa mendapatkan ruang-ruang lebih untuk fungsi tambahan dengan memanfaatkan konsep rumah split level. Selain fungsi tambahan, perbedaan level juga membantumu memberikan pemisahan fungsi dan zona pada setiap ruang yang lebih baik.

Rancangan rumah split level memberikan kesan lebih dinamis

Tentu saja, dibanding menghadirkan rumah yang datar, rumah split level jauh lebih terkesan dinamis dan hidup. Dengan konsep rumah split level, jangan khawatir suasana dalam rumah akan terasa monoton dan membosankan. Anda juga bisa bermain lebih banyak pada interior ruangan saat memiliki variasi level pada hunian anda.

Sirkulasi udara dan cahaya yang lebih baik

Karena sifatnya yang terbuka, rumah split level secara tak langsung akan memberikan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang lebih baik pada hunian. Tidak cuma mengatur sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan, penerapan yang tepat membuat rumah split level juga bisa menangkap sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang jauh lebih baik daripada rumah tanpa perbedaan level lantai seperti rumah split level.

Rumah split level bisa menjadi solusi lahan berkontur

Populer di area yang memiliki lahan berkontur, untuk anda yang memiliki lahan yang berkontur tentu akan menjadi pekerjaan lebih jika anda harus meratakan lahan hanya untuk memberikan konsep rata. Solusi lain yang lebih efisien untuk menyiasati lahan berkontur seperti ini adalah rumah split level. Rumah split level membuat pengolahan lahan berkontur yang lebih efektif.

Kerugian Memiliki Rumah Split Level

pinterest.com

Sistem konstruksi rumah split level yang lebih rumit

Dengan perbedaan level yang bervariasi dan juga konektor berupa tangga sudah bisa dipastikan bahwa konstruksi dari rumah split level akan jauh lebih rumit alias tak sesederhana rumah konvensional. Konstruksi yang rumit ini juga berarti bahwa rumah split level mungkin akan membutuhkan biaya lebih dibandingkan rumah biasa.

Rumah split level bisa dikatakan “tidak ramah” untuk balita dan lansia. Dikarenakan banyaknya penggunaan anak tangga dan juga perbedaan level, jelas bahwa rumah split level sangat tal dianjurkan untuk dihuni oleh keluarga yang memiliki anggota keluarga lansia ataupun balita karena resiko terjadinya kecelakaan akan jauh lebih tinggi terjadi pada rumah split level.

 

WhatsApp chat