Merawat Karpet Agar Awet

Merawat Karpet Agar Awet – Setelah mengetahui cara memilih karpet yang tepat untuk rumahmu, ketahui juga cara merawatnya agar karpet dirumahmu awet. Tapi bagaimana ya caranya? Penasaran? Mari simak saja tips berikut ini!

 

  1. Daripada karpet pertimbangkan untuk menggunakan keset

Keset yang sederhana sekalipun akan berguna untuk mengurangi tanah, pasir, dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Keset juga dapat menjadi elemen penyaring pertama terhadap kotoran dan polutan yang menempel di karpet. Selain itu, keset juga lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan karpet.

  1. Bersihkan segera noda atau tumpahan

Membersihkan noda atau tumpahan pada karpet dengan segera tidak hanya akan membuatnya lebih mudah bersih kembali, namun juga mengurangi tingkat penyerapan sehingga mencegah bakteri berkembang biak atau bersarang di karpet ataupun seratnya.

  1. Bersihkan dengan vacuum cleaner setiap hari

Yup, kalau bisa Kamu harus membersihkan karpet dengan vacuum cleaner setiap hari, meski sesungguhnya hal tersebut tidak juga cukup. Banyak yang beranggapan membersihkan karpet dengan vacuum cleaner cukup dilakukan sebulan sekali. Padahal, aktivitas keluarga setiap hari akan mengakibatkan munculnya kotoran dan bau setiap hari juga.

Membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner setiap hari dapat menghilangkan kotoran, debu, remah makanan sebelum tenggelam jauh ke serat karpet. Meski begitu, cara ini juga tidak benar-benar bisa membuat karpet lebih steril dari bibit penyakit dan membutuhkan pembersihan mendalam.

  1. Gunakan pembersih yang meresap ke dalam karpet

Banyak produk di pasaran yang mengklaim dapat menghilangkan noda, tumpahan, bau, kotoran dalam, debu, remah, atau bahkan polutan lainnya. Padahal, kebanyakan produk tersebut hanya cukup untuk menutupi noda dan justru mendorong kotoran lebih dalam.

Selain itu, tidak semua karpet juga cocok untuk menggunakan pembersih yang formulanya basah atau cair karena beberapa karpet akan lebih baik jika dibersihkan dengan metode dry cleaning. Oleh karena itu, tidak ada salahnya juga jika Kamu mengandalkan jasa pembersihan dan perawatan karpet pada yang sudah terpercaya sehingga dapat melakukan pembersihan karpet bagian dalam.

  1. Perhatikan penempatan karpet

Penempatan karpet ternyata juga dapat memengaruhi keawetan dari karpet itu sendiri. Jangan meletakkan karpet pada posisi yang terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak dan membuat pudar warna karpet. Kamu tentu tidak ingin kan karpet yang dibeli menjadi rusak karena terkena sinar matahari? Oleh karena itu, lakukanlah perubahan posisi karpet dalam jangka waktu tertentu agar bagian karpet yang sering terinjak dan terlewati tidak cepat rusak atau habis.

  1. Perhatikan penyimpanan karpet

Bagi Kamu yang menggunakan karpet hanya di waktu tertentu biasanya akan menyimpan karpet setelah selesai digunakan. Lakukan penyimpanan karpet pada posisi karpet yang sudah dibersihkan, kemudian kemaslah karpet menggunakan plastik agar tidak ada debu yang masuk dan menempel pada celah karpet.

 

 

WhatsApp chat