Model Rumah Klasik

model rumah klasik

model rumah klasikRekomendasi Model Rumah Klasik Terbaik

Jasa Arsitek Malang – Rumah memiliki beragam jenis model sesuai dengan perkembangan zaman, imajinasi dari seorang pemilik rumah juga berpengaruh pada model rumah yang akan dibangun. Model rumah klasik umumnya banyak ditemukan pada tahun 1900an, namun semakin kesini model rumah mulai berevolusi menjadi beragam dan memiliki karakteristik tersendiri. Jasa Arsitek Malang akan memberikanrekomendasi model rumah klasik terbaik pada Anda.

Model Rumah Early Classical Revival

Contoh modern yang otentik dari model rumah awal kebangkitan model rumah klasik (early classical revival)ini mencakup teras bertingkat dua dominan yang didukung oleh kolom-kolom Tuscan dengan balkon lantai dua dan langkan yang menyatu ke dalam kolom dan detail cornice yang sangat rumit. Kaitan dengan kuil Yunani dan Romawi dan monumen lainnya yang bertahan selama berabad-abad sudah jelas. Simetri dan proporsi serta komposisi berulang melalui bukaan jendela dan pintu. Selain itu, ornamen adalah kuncinya.

Terletak di pusat kota Natchez, Mississippi, Stanton Hall yang didirikan pada tahun 1859 menjadi titik fokus. Setiap detail yang luar biasa, termasuk kolom-kolom tinggi dan balkon besi menjadi ciri khas model rumah early classical revival.

Model Rumah Greek Revival

Model rumah klasik mewah ini dapat dibedakan dari model rumah klasik early classical revival dengan desain cornice yang menonjol, rangkaian detail ukiran di bawah lis atap, model rumah Greek revival yang lebih modern menyajikan detail profil yang lebih sederhana daripada contoh-contoh early classical revivalsebelumnya, namun tetap berpegang pada ekspresi formal gaya tersebut.

Selesai pada tahun 1823, Rosalie Mansion memiliki karakteristik hall tengah, kolom-kolom eksterior yang tinggi dan teras depan dari model rumah klasik mewah Greek revival. Model rumah klasik Greek revival sangat populer di pertengahan abad ke-19, dan banyak townhouse dan rumah klasik mewah di perkotaan dibuat dengan model rumah klasik ini, serupa dengan yang ditunjukkan di sini.

Salah satu townhouse empat lantai di Greenwich Village, Manhattan, yang awalnya dibangun pada tahun 1844 ini merepresentasikan keanggunan dan kesempurnaan yang identik dengan gaya Greek revival. Dalam model rumah klasik Greek revival yang telah dipugar dengan kolom-kolom raksasa yang proporsional, kita bisa melihat pintu masuk tidak berada di tengah.

Model Rumah Neoclassical

Model rumah neoclassical dapat dibagi menjadi tiga tipe utama. Bangunan bergaya kuil kuno, bangunan Palladian yang didasarkan pada gaya konstruksi vila Palladio (Arsitektur Renaisans) dan bangunan blok klasik. Model rumah klasik bergaya kuil jarang ditemukan pada masa Renaisans; para arsitek periode itu berfokus terutama pada penerapan elemen klasik ke gereja dan bangunan modern (misalnya palazzo, vila). Arsitektur bergaya kuil menjamur pada zaman Neoklasik, sebagian besar berkat pengenalan yang lebih luas terhadap reruntuhan bangunan klasik. Banyak bangunan bergaya kuil menampilkan peristyle (garis kontinu kolom di sekitar bangunan), yang jarang ditemukan di arsitektur Renaisans.

Terdapat perbedaan yang khas antara gaya arsitektur khas Yunani dan Romawi sehingga membuat para arsitek sengaja merancang bangunan Yunani asli, Romawi asli, atau hibrida dari Yunani-Romawi. Ketiga pilihan itu terbukti populer. Desain rumah neoklasik yang luar biasa megah dengan sepuluh kamar seluas 9.500 kaki persegi didirikan oleh Ishak Jenkins Mikell pada awal 1850-an, seorang penanam kapas yang sangat makmur. Kolom-kolom raksasa menopang serambi monumental, yang masing-masing kepala tiangnya diukir secara detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *