Nilai Plus Kamar Mandi Kering

Nilai Plus Kamar Mandi Kering – Kamar mandi kering berbeda dengan kamar mandi basah. Kamar mandi kering memiliki ciri khas, yaitu adanya sebuah pembatas antara toilet dan shower/bathtub. Biasanya pembatasnya berupa tirai atau panel kaca. Nah, ternyata kamar mandi kering ini memiliki nilai plus lho dari pada kamar mandi basah. Kira-kira apa nilai plusnya? Simak saja ulasan berikut ini.

  • Lebih Sehat

Secara umum, kondisi kamar mandi basah yang sangat lembap dapat menjadi lahan subur tumbuhnya bakteri dan jamur. Ditambah masalah drainase air dan ventilasi udara yang buruk, tentu kamar mandi bisa menjadi semakin tidak sehat. Kondisi seperti ini jarang terjadi pada kamar mandi kering yang memisahkan area basah dengan area lainnya.

  • Perawatan Lebih Gampang

Karena kamar mandi kering lebih sering berada dalam keadaan kering, tentu saja perawatannya lebih mudah. Menyapu, mengepel, dan mengelap kamar mandi kering akan menjadi lebih mudah dibanding harus mengeringkan seluruh kamar mandi basah setiap setelah ruangan tersebut dipakai. Kamar mandi kering juga pastinya lebih jarang terkena masalah bocor karena jarang ada genangan air yang bertahan lama di ruangan tersebut.

  • Memberi Kemungkinan Desain Lebih Banyak

Kamar mandi kering dianggap lebih fleksibel untuk didesain. Karena hanya ruang shower atau sekitar bathtub yang basah, sisi lain kamar mandi dapat diberi sentuhan desain yang tidak perlu takut terkena basah. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan karpet atau keset lebar yang empuk pada lantai kamar mandi. Anda juga bisa menambahkan cermin atau bahkan meja rias di dalam kamar mandi kering. Tidak jarang, kamar mandi seperti ini disandingkan langsung dengan walk-in closet atau bahkan disematkan rak buku.

  • Hemat Air

Jika Anda memiliki kamar mandi kering dengan shower, maka konsumsi air saat mandi akan lebih hemat. Sebagai perbandingan, menggunakan gayung untuk mandi menghabiskan sekitar 18 liter per sekali mandi, namun penggunaan shower hanya memakan sekitar 12 liter air per sekali mandi. Berkat kemajuan teknologi perkakas sanitary, shower sekarang bahkan dilengkapi dengan fitur hemat air sehingga konsumsi air jauh lebih sedikit.

  • Cocok untuk Kamar Mandi Dalam Ruang

Satu tren hunian yang juga digemari adalah kamar mandi dalam ruang, terutama untuk master bedroom. Agar kondisi kamar tetap sehat dan tidak lembap, maka kamar mandi kering adalah pilihan yang paling cocok. Lebih dari itu, kamar mandi kering juga lebih mudah ditambahkan berbagai fitur yang bersebelahan atau bahkan satu ruang dengan kamar mandi.

  • Menambah Nilai Jual

Selain ruang makan, ruang tamu, dan kamar tidur utama, kamar mandi juga sering menjadi sorotan untuk sebuah properti yang dijual. Kamar mandi kering yang bersih dengan ventilasi bagus, bahkan bila memungkinkan adanya bukaan ke taman kering, adalah elemen penambah nilai jual sebuah properti.

 

WhatsApp chat