Pengertian Plamir, Fungsi serta Keuntungannya

Arsitek Malang – Sebagian dari beberapa pasti belum mengerti apakah itu plamir? Kemudian apa saja fungsi dari plamir sendiri serta keuntungan apa saja jika mengaplikasikan plamir pada tembok rumah sebelum mengecat. Dibawah ini kami akan menjelaskan kepada anda, simak yuk.

Pengertian Plamir

Pada dasarnya, plamir tembok adalah material pelapis tembok sebelum dilakukan pengecatan. Plamir tembok berupa cairan putih yang biasanya merupakan campuran kalsium, lem, dan air serta memiliki tingkat kelengketan tertentu.

Fungsi dan Kegunaan Plamir

  1. Menutup pori atau celah dari tembok sehingga permukaannya lebih rata
  2. Menutup warna asli tembok
  3. Mempersiapkan stain atau cat warna diaplikasikan. Stain dan plamir didesain sedemikian rupa sehingga bisa saling mengikat. Beda dengan cat/stain dan tembok yang tak memiliki kekuatan bonding serupa.

Selain ketiga fungsi utama di atas yang terkait dengan proses finishing, plamir juga memiliki fungsi lain juga. Misalnya, untuk memperbaiki area tembok sampai furniture yang rusak. Bahan ini bisa dipakai sebagai pengisi gap atau gap filler pada area produk yang berlubang termasuk pada mebel.

Keuntungan Mengaplikasikan Plamir Sebelum Mengecat Tembok

  1. Hasil pengecatan akan lebih halus dan rata. Plamir berfungsi menjadi dasaran untuk stain sehingga permukaan akhir produk menjadi lebih baik.
  2. Warna akan terlihat lebih bagus. Sebab stain atau cat warna tidak langsung berhadapan dengan tembok yang warnanya bisa membayang. Agar lebih bagus, pilih plamir dengan warna yang sesuai cat. Misal, aplikasi plamir warna gelap untuk cat yang gelap, dan aplikasi plamir terang untuk cat tembok yang terang. Kebanyakan plamir memang berwarna putih atau gelap (misal abu-abu), tapi ada beberapa merk yang memiliki pilihan shade warna tersendiri.
  3. Cat lebih tahan lama. Plamir akan memperkuat lapisan finishing sehingga hasil pengecatan bisa bertahan lebih lama.
  4. Membuat hasil pengecatan lebih seragam warnanya. Warna pengecatan tanpa plamir akan dipengaruhi warna tembok. Padahal interaksi tembok dan cat warna tidak stabil yang membuat keseragaman warna sulit diwujudkan.

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat