Pengertian Serta Fungsi Panel Surya

Pengertian Serta Fungsi Panel Surya – Mungkin istilah panel surya atau solar cell sudah tidak asing lagi dan semakin hari semakin banyak yang menggunakannya. Alat yang berfungsi mengubah cahaya menjadi listrik ini, memiliki berbagai macam manfaat. Simak saja yuk artikel berikut ini, kami akan mengulas tentang panel surya ini.

Pengertian Panel Surya

Suatu alat yang terdiri dari sel surya yang dapat digunakan untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Sel surya ini perlu dilindungi dari kelembaban dan kerusakan yang bisa saja terjadi. Hal ini dilakukan agar tidak merusak efisiensi panel surya secara signifikan dan agar tidak menurunkan masa pakainya.

Biasanya panel surya ini memiliki umur sekitar 20 tahun. Biasanya, dalam jangka waktu tersebut pemakaian panel surya tidak akan mengalami penurunan efisiensi yang signifikan. Sekarang ini, meskipun sudah menggunakan kemajuan teknologi yang maju, sebagian besar panel surya komersial hanya mampu mencapai efisiensi sekitar 15%. Panel surya komersial sangat jarang yang bisa melampaui efisiensi 20%.

Prinsip Kerja Panel Surya

Sinar matahari tersusun dari partikel kecil yang disebut dengan foton. Ketika terkena sinar matahari, foton yang merupakan partikel dari sinar matahari tersebut menabrak atom semikonduktor silikon panel surya, sehingga menimbulkan energi yang cukup besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif tersebut akan bergerak pada daerah konduksi dari material semikonduktor. Pada atom yang kehilangan elektron, maka akan terjadi kekosongan pada strukturnya, kekosongan tersebut dinamakan dengan hole. Hole ini memiliki muatan positif.

Jika terdapat elektron bebas yang bersifat negatif, maka akan berperan sebagai pendonor elektron, hal ini disebut juga dengan semikonduktor tipe-n. Sedangkan daerah semikonduktor dengan hole yang bermuatan positif dan juga bertindak sebagai penerima elektron disebut dengan semikonduktor tipe-p.

Di antara daerah positif dan negatif, atau yang bisa dikenal dengan PN Junction, akan muncul energi yang mendorong elektron dan hole untuk bergerak ke arah yang berlawanan. Elektron akan bergerak menjauhi daerah negatif, karena elektron ini bermuatan negatif. Sedangkan hole akan bergerak menjauhi daerah positif.

Ketika diberikan sebuah beban berupa lampu maupun perangkat listrik lainnya di antara PN Junction ini, maka akan menimbulkan arus listrik yang nantinya bisa dimanfaatkan.

Fungsi Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

Biasanya, panel surya yang berukuran kecil diletakkan di atap rumah atau bagian yang terpancar sinar matahari. Setelah itu, listrik akan disimpan di baterai supaya dapat digunakan selama seharian atau 24 jam. Berikut fungsi panel surya yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pembangkit energi listrik

Panel surya sudah tentu memiliki fungsi dasar sebagai pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Adapun caranya dapat dilakukan dengan dua tipe, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Maksud dari fotovoltaik sendiri adalah mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik.

  1. Pompa air

Ternyata panel surya bukan hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik, melainkan juga dapat diaplikasikan untuk menghidupkan sirkulasi air. Penggunaan panel surya ini dimanfaatkan untuk tenaga penggerak dengan sinar matahari. Cara ini biasanya digunakan oleh daerah yang masih pedalaman atau yang sulit dijangkau oleh listrik dari PLN. Selain hemat ketersediaan bahan bakar, dengan panel surya, Anda juga hemat biaya energi penggerak. Apalagi harga panel surya 500 watt yang butuh pengeluaran di awal saja.

  1. Sistem ventilasi

Siapa bilang warga yang ada di kota tidak bisa memanfaatkan panel surya dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkan alat pembangkit listrik ini untuk kipas-kipas ventilasi yang ada di rumah. Tentu ada banyak ventilasi yang Anda gunakan di rumah, seperti exhaust fan kamar mandi atau dapur, kipas lantai, atau kipas langit yang beroperasi hampir setiap hari. Dengan penggunaan energi surya Anda dapat mencari harga panel surya 500 watt yang terjangkau demi mengurangi tagihan listrik yang setiap tahunnya bertambah mahal.

  1. Lampu Penerangan Jalanan Umum (PJU)

Jika Anda memperhatikan lampu PJU, beberapa daerah telah menggunakan panel surya sebagai sumber listriknya. Beberapa dapat Anda temukan pada PJU yang ada di jalan tol, jalan utama, jalan perumahan, halte bis, SPBU, dan banyak lagi. Hal ini tentu sangat efisien dalam mengurangi penggunaan listrik dari listrik PLN. Selain itu, PJU juga sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah terpencil. Sehingga, penduduk akan merasa aman ketika pulang tengah malam dan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan.

WhatsApp chat