Perbedaan Dapur Kotor dan Bersih

Perbedaan Dapur Kotor dan Bersih – Banyak dari kita mungkin yang belum mengerti kedua istilah ini. Umumnya kebanyakan orang hanya memiliki satu dapur, dapur bersih dan kotor menjadi satu. Nah, seiring berkembangnya jaman, banyak pemilik rumah yang sudah menerapkan kedua dapur ini di hunian mereka. Tapi kira-kira apa saja sih perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini yuk!

  1. Fungsi, Letak, dan Kelebihan Dapur Kotor

Jenis dapur yang pertama adalah dapur kotor. Dapur kotor merupakan salah satu ruang penting dalam sebuah hunian, terlebih bila Anda gemar memasak makanan berat.

Bagaimana tidak?

Di dapur kotor, Anda dapat melakukan beragam aktivitas masak sekaligus. Mulai dari proses pencucian, pengolahan, hingga penyajian masakan.

Oleh karena banyaknya aktivitas di dapur kotor, maka tak heran bila dapur ini kerap kotor karena cipratan minyak atau bekas olahan makanan yang terjatuh di sekitar dapur.

Hal ini lah yang menjadi asal-usul istilah dapur kotor.

Selain itu, terdapat wastafel cuci piring sehingga kegiatan mencuci piring juga kerap dilakukan di dapur kotor.

Dari segi posisi, biasanya dapur kotor terletak di bagian dalam dan tidak terlihat oleh para tamu.

Selain itu, lantaran peralatan dapur berukuran besar, seperti kompor, kulkas, lemari piring umumnya diletakkan pada bagian dapur kotor, maka tak heran bila dapur kotor memiliki area lebih luas dibandingkan dengan dapur bersih.

  1. Fungsi, Letak, dan Kelebihan Dapur Bersih

Jenis dapur yang kedua, yaitu dapur bersih.

Dapur bersih sering disebut sebagai “dapur cantik”. Ini karena si pemilik rumah kerap menggunakan desain mewah dengan berbagai merek mahal untuk urusan dapur bersih. Sehingga dapur bersih selalu tampak cantik.

Dapur bersih juga kerap dijadikan sebagai ajang “pamer” lantaran lokasi nya yang berdekatan dengan ruang tamu serta jejeran koleksi peralatan dapur yang berkelas.

Lantas apa saja yang biasa dilakukan pada dapur bersih?

Bila dilihat dari aktivitas memasak, dapur kering kerap digunakan untuk kegiatan memasak makanan ringan dan praktis.

Misalnya, menyiapkan sarapan dan buah, membuat minuman atau sekedar menghangatkan makanan.

Maka tak heran, bila pada dapur bersih terdapat berbagai perangkat kecil dan modern, seperti toaster atau microwave.

Yang menarik, saat ini sudah banyak keluarga yang memanfaatkan dapur bersih sebagai ruang tempat mengobrol yang nyaman sambil menyeruput secangkir teh di pagi atau sore hari.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan dapur kotor dan dapur bersih. Namun, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah layout kedua dapur tersebut agar dibuat berurutan untuk mempermudah aktivitas memasak di dapur.

WhatsApp chat