Perhatikan Hal Ini Ketika Bangun Rumah

Perhatikan Hal Ini Ketika Bangun Rumah – Manusia hidup tak lepas dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Sandang dan pangan merupakan kebutuhan berpakaian dan  makan. Kemudian untuk papan merupakan kebutuhan tempat tinggal, tempat berlindung dari segala macam cuaca alam di sekitar kita.

Lalu sebelum membangun rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan cermat. Apa saja ya hal tersebut? Mari simak bersama ulasan kami dibawah ini.

Pastikan Lahan Tak Bersengketa

Penting untuk dicatat dan diingat, jika hendak membeli tanah atau lahan dari seseorang untuk dibangun rumah, sebisa mungkin pastikan kalau lahan tersebut benar-benar memiliki sertifikat asli dari pemilik.

Anda bisa pastikan bukti kepemilikan tanah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) apakah sertifikat tanah si pemilik tercatat dan asli atau bukan. Jika sudah dipastikan asli, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lahan tersebut.

Jangan sampai, lahan yang akan Anda beli masih bersengketa karena terdapat klaim dari beberapa pihak terkait kepemilikan lahan tersebut. Jadi pastikan dahulu sebelum resmi membeli lahan dari orang lain, lahan tersebut tidak bersengketa.

Rencana Keuangan

Membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit pastinya. Itulah mengapa Anda perlu menghitung biaya dengan cermat dan teliti, mulai dari jumlah biaya membuat rumah, volume pekerjaan, harga bahan, upah pekerja, maupun pemeriksaan terakhir pekerjaan (checklist). Semua itu bertujuan untuk menekan biaya Anda dalam membuat rumah, sehingga akan lebih efisien dan terukur sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Pilih Jasa Kontraktor Bangunan yang Tepat

Pilihan yang tepat bagi anda yang tidak mau terlalu dipusingkan dengan masalah-masalah pembuatan rumah. Dengan memilih jasa bangun rumah secara tepat, anda bisa lebih punya banyak waktu luang untuk keperluan lainnya. Namun, anda juga harus tetap berhati-hati dalam memilih jasa kontraktor.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan semua kesepakatan dan perjanjian sebelum proses pembuatan rumah dilakukan. Ajukan beberapa permintaan yang rinci dan spesifik, mulai dari jenis material yang ingin anda gunakan, sampai memilih desain rumah sesuai keinginan anda.

Izin Mendirikan Bangunan

Salah satu syarat terpenting dalam membangun rumah adalah sudah mengantongi izin- izin legalitas yang dibutuhkan. Izin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepada Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan syarat administratif, dan teknis yang berlaku.

Cari tahu cara paling praktis untuk mendapatkan IMB di area lokasi tempat kamu membuat rumah, dan lengkapi dulu seluruh persyaratannya, supaya tidak tersandung dengan urusan legalitas saat atau sesudah membangun rumah.

WhatsApp chat