Perhatikan Saat Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga

Perhatikan Saat Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga – Ruang kosong dibawah tangga seringkali tak dianggap atau mungkin hanya digunakan sebagai gudang penyimpanan barang bekas saja. Namun, bukan hal yang mustahil jika memanfaatkan ruangan kosong bawah tangga sebagai kamar mandi. Dan berikut adalah tips membuat kamar mandi bawah tangga. Mari simak bersama.

Ketinggian

Ukurlah ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Ruangan yang nyaman setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian ideal minimal 2,2 meter karena disebabkan anak tangga tidak sama tinggi, dan ada bagian langit-langit yang lebih rendah dibandingkan bagian lainnya.

Penyimpanan

Manfaatkan bagian yang rendah sebagai area penyimpanan peralatan kamar mandi, seperti tempat tisu atau sabun.

Sirkulasi

Area bawah tangga umumnya berukuran mungil sehingga Anda harus memperhatikan sirkulasi udara. Usahakan ada akses udara masuk dari luar ke dalam agar kamar mandi tidak mudah menjadi lembap dan sesak. Untuk menghemat tempat, buatlah bukaan berupa lubang angin berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.

Pencahayaan

Di dalam kamar mandi, pencahayaan memegang peranan penting. Pastikan penerangan buatan di dalam area ini. Anda dapat membuat jalan masuk cahaya alami, seperti kaca yang terhubung ke luar rumah. Cahaya matahari baik untuk menghalau kelembapan dalam ruang serta berkembangnya jamur dan kuman.

Prioritas utama

Karena letaknya di bawah tangga, tidak semua fungsi kamar mandi dapat terakomodasi. Yang terpenting, bagi sebuah kamar mandi tamu adalah keberadaan kloset dan wastafel. Sebagian besar tamu menggunakan kamar mandi sebagai tempat buang air dan mencuci tangan.

Pilih furniture yang tepat

Memilih furniture minimalis sangat direkomendasikan untuk desain kamar mandi bawah tangga. Anda bisa memilih jenis kloset dengan tombol flush yang melekat pada dinding, wastafel berukuran kecil, cermin berukuran sedang atau bisa memilih cermin besar untuk gaya kamar mandi rustic. Cermin diletakkan di kamar mandi untuk memberikan kesan lapang pada area yang sempit.

Tambahkan hiasan pelengkap di kamar mandi

Agar para tamu nyaman menggunakan kamar mandi bawah tangga Anda, bisa menempatkan beberapa hiasan pendukung. Anda bisa meletakkan vas tanaman hias di atas meja wastafel dan gunakan kabinet wastafel yang terbuat dari bahan kayu untuk menciptakan kesan alami.

WhatsApp chat